visitaaponce.com

Rumah Zakat Palembang Lakukan Diseminasi terkait Lansia di Kelurahan 2 Ilir

Rumah Zakat Palembang Lakukan Diseminasi terkait Lansia di Kelurahan 2 Ilir
Diseminasi hasil survei Rumah Zakat Palembang mengenai Lansia di Kelurahan 2 Ilir, Palembang, Sumsel(Dok. RUmah Zakat Palembang)

RUMAH Zakat Palembang yang diwakili oleh Sugandi melakukan diseminasi hasil survei terkait lansia di Kelurahan 2 Ilir, Palembang, Sumatra Selatan guna memberikan kesepahaman dan tindak lanjut program bersama dalam mewujudkan Desa Ramah Lansia. Hadir dalam kegiatan ini Pemerintah Kelurahan 2 Ilir dan Puskesmas Sabokingking.

Program kelanjutusiaan yang kini berjalan dalam posyandu lansia, masih fokus dalam pemeriksaan kesehatan lansia khususnya bagi yang memiliki penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi serta kolesterol. Dari hasil surveo lansia secara holistik yang dilakukan oleh Rumah Zakat didapatkan bahwa terdapat 3 poin utama pada lansia di Kelurahan 2 Ilir, yaitu terkait komorbid, nutrisi dan juga kondisi mental lansia.

Dari hasil tersebut, rekomendasi yang diberikan berupa kegiatan prioritas untuk para lansia di Kelurahan 2 ilir yaitu program untuk perbaikan nutrisi dan penanganan komorbidnya. 

Baca juga : Pertamina Peduli Salurkan Tabung Gas, BBM, dan Avtur untuk Tanggap Darurat di Cianjur

Dalam program Desa Ramah Lansia, Rumah Zakat akan lebih fokus dalam kegiatan fisik untuk memperbaiki komorbid dan mencegah undernutrition lansia untuk berkembang menjadi sarcopenia melalui tambahan aktivitas fisik, selain program rutin lainnya seperti posyandu lansia, pelatihan kader, homevisit bagi lansia, senam, silaturahim kader dan lainnya tetap dijalankan.

"Saya sangat mengapresiasi program yang dijalankan oleh Rumah Zakat ini, karena apa yang dilakukan oleh Rumah Zakat sangat membantu dalam memenuhi targetan-targetan puskesmas bahkan sangat mendetail. Semoga saja kedepan kita bisa tetap bersinergi saling bahu membahu dalam melakukan pemberdayaan kesehatan khususnya di wilayah kerja Puskesmas Sabokingking," tulis Puskesmas Sabokingking dalam keterangannya.

Usai diseminasi diharapkan tindak lanjut program dapat dilakukan dengan baik melalui kolaborasi yang harmonis antara Rumah Zakat, Puskesmas Sabokingking dan Kelurahan 2 Ilir hingga terwujudnya kawasan Ramah Lansia. (RO/Ol-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat