visitaaponce.com

Apresiasi Pemberian ASI Ekslusif, Rumah Zakat Cirebon Gelar Wisuda ASI

Apresiasi Pemberian ASI Ekslusif, Rumah Zakat Cirebon Gelar Wisuda ASI
Pelaksanaan wisuda ASI oleh Rumah Zakat Cirebon(Dok. Rumah Zakat Cirebon)

ASI merupakan kebutuhan utama bagi bayi, namun tak semua ibu mau dan mampu memberikan ASI kepada anaknya. Melalui Wisuda ASI, Rumah Zakat Cirebon berikan apresiasi untuk ibu yang berhasil menyusui anaknya dengan lengkap. Tak hanya ibu yang berhasil menyusui eksklusif selama 6 bulan pertama namun juga ibu yang berhasil menyusui hingga anak berumur 2 tahun.

Kegiatan dikemas unik seperti wisuda pada umumnya, ibu yang akan diwisuda menggunakan topi wisuda (toga) dan juga sertifikat lulus menyusui. Prosesi wisuda dimulai dengan pemindahan tali toga, penyerahan piagam, serta pemberian bingkisan kepada semua wisudawan. 

Pada tahun ini kegiatan Wisuda ASI di laksanakan di aula pertemuan kantor Kecamatan Kejaksan, dengan peserta sebanyak 50 ibu yang berasal dari 5 kecamatan di kota Cirebon. Terdiri dari wisudawan S1 (lulus ASI 6 bulan) sebanyak 30 anak, wisudawan S2 (lulus ASI 1 tahun) sebanyak 10 anak, wisudawan S3 (lulus ASI 2 tahun) sebanyak 10 anak. 

"ASI merupakan hak anak dimana di dalam ASI mengandung semua nutrien yang dibutuhkan bayi, dan dengan sifatnya yang mudah diserap, menjadikannya sebagai nutrisi utama yang paling baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak," tulis Rumah Zakat Cirebon dalam keterangannya.

Setidaknya ada 3 hal yang menjadi kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang, yaitu kebutuhan fisis-biomedis (asuh), kebutuhan kasih sayang/emosi (asih) dan kebutuhan stimulasi/latihan (asah). Dan pemberian ASI secara ekslusif selama 6 bulan, yang dilanjutkan sampai usia 2 tahun.

Baca juga : Rumah Zakat Palembang Lakukan Diseminasi terkait Lansia di Kelurahan 2 Ilir

Rumah Zakat melalui program Desa Bebas Stunting hadir untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya dalam upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia. Stunting merupakan kondisi yang patut diperhatikan dan diwaspadai sehingga pencegahannya perlu dilakukan sejak dini. 

"Fase menyusui atau saat bayi berusia 0 hingga 6 bulan memegang peranan penting dalam pencegahan stunting. Sebagai bentuk penghargaan untuk para ibu yang telah berjuang memberikan ASI Eksklusif bagi anaknya serta kampanye pentingnya ASI kepada masyarakat, Rumah Zakat melaksanakan kegiatan Wisuda ASI secara periodik," jelas Rumah Zakat Cirebon.

Wisuda ASI kali ini dihadiri oleh Wakil Walikota Cirebon, kepala Dinkes, kepala DP3APPKB, Camat Kejaksan, Lurah Kesenden, Poltekkes Tasikmalaya, AIMI. 

"Besar harapan Rumah Zakat melalui program yang dihadirkan bisa membantu mencetak generasi yang sehat dan cerdas, untuk Indonesia yang lebih maju," pungkas Rumah Zakat Cirebon. (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat