visitaaponce.com

Penerbit Erlangga Beri Layanan Pengobatan Gratis Korban Gempa Cianjur

Penerbit Erlangga Beri Layanan Pengobatan Gratis Korban Gempa Cianjur
Solidaritas Erlangga (SOGA) memberikan pengobatan gratis di posko pengungsian SD Negeri Cipadang, Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur.(Ist)

Penerbit Erlangga melalui Solidaritas Erlangga (SOGA) memberikan pengobatan gratis di posko pengungsian SD Negeri Cipadang, Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Jawa Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu memeriksa kesehatan warga korban gempa yang hampir dua pekan ini berada di pengungsian.

Dalam kegiatan pengobatan gratis yang dilaksanakan pada Sabtu, 3 Desember 2022 ini, terlihat sejumlah warga dari balita hingga lansia mengantre untuk diperiksa oleh petugas kesehatan.

Para warga yang berobat rata-rata mengeluhkan gejala pusing, gangguan saluran pernapasan, dan gatal-gatal/alergi, meskipun banyak juga yang mengalami penyakit metabolik kronis seperti darah tinggi dan diabetes.

Total terdapat 59 warga yang memeriksakan diri.Sebanyak 5 dokter dan 6 petugas medis diterjunkan dari Jakarta dan puskesmas setempat untuk membantu kegiatan ini. 

Selain itu, untuk membantu menghilangkan trauma pada anak-anak korban gempa di Cianjur, penerbit swasta yang sudah berusia 70 tahun inijuga mengadakan berbagai kegiatan yang funbagi anak-anak seperti lomba mewarnai.

Anak-anak terlihat antusias mewarnai gambar menggunakan alat gambar seperti pensil warna/crayon dan kertas yang telah disediakan.

Kegiatan lain yang juga tidak kalah seru pun ada, seperti origami, story telling, menyusun puzzle 3D, dan bahkan mendirikan tenda pojok membaca, lengkap dengan rak buku dan berbagai buku anak-anak terbitan Erlangga tentunya.

Baca juga: Maksimalkan Pemulihan Cianjur, Kemensos Bangun Sekolah Darurat

Pengobatan gratis dan pendirian tenda pojok membaca bukan satu-satunya kegiatan yang dilakukan oleh Penerbit Erlangga untuk membantu warga Cianjur yang terdampak gempa.

Penerbit berskala nasional ini juga memberikan bantuan tenda pengungsian dan tenda untuk sekolah darurat sebesar 6 x 12 meter persegi sebanyak 4 unit yang tersebar di SDN Cipadang dan SMPN 1 Warungkondang, tenda berukuran 3 x 6 meter sebanyak 6 unit yang tersebar di SDN Peteuy Condong, SDN Songgom 3, dan Kecamatan Cugenang, pemberian paket sembako, pendirian dapur umum, 4 unit toilet portabel, tenaga serta peralatan kebersihan, serta dukungan makan 3 kali sehari untuk 300 warga RT 02/04 Cipadang. 

Lalu, pada Minggu, 4 Desember 2022, posko pengungsian di SD Negeri Cipadang yang didirikan oleh Penerbit Erlangga dikunjungi Bunda PAUD Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil,

Ia menyapa anak-anak penyintas gempa bumi Cianjur. Atalia juga membacakan dongeng dari buku berjudul “Dinda Tidak Rewel Lagi” terbitan Erlangga for Kids.

 Anak-anak yang didampingi oleh orang tua mereka pun sangat antusias mendengarkan Atalia, suasana di tenda pun tampak riang gembira. Atalia juga memberikan hadiah kepada anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan kuis dari dirinya.

Kegiatan di hari Minggu yang ceria ini juga dihadiri oleh guru, kepala sekolah SDN Cipadang, Camat, Polsek, Disdikpora Cianjur, tim Jabar Bergerak, dan manajemen Penerbit Erlangga yang turut berbaur dengan anak warga korban gempa. 

“Meskipun tempatnya mungkin terbatas, karena dalam keadaan darurat, anak-anak harus tetap belajar, tetap bahagia, ceria dalam keadaan apapun ya, mana wajah cerianya, mana senyumnya, terima kasih kepada semua yang telah mendukung terkait tumbuh kembang anak, di masa sulit pun anak-anak harus tetap diperhatikan kebutuhannya,” ungkap Atalia.

Sementara itu, Rikki L Tobing selaku ketua tim bantuan gempa bumi Cianjur Penerbit Erlangga mengatakan pembacaan dongeng kepada anak-anak merupakan bagian dari trauma healing para korban gempa bumi Cianjur.

Melalui dongeng, diharapkan anak-anak melupakan kejadian gempa dan bisa bermain kembali.

Karena bencana gempa berdampak panjang, Penerbit Erlangga berencana akan memberikan bantuan lanjutan untuk para warga korban gempa Cianjur.

“Semoga bantuan ini banyak bermanfaat.Kami mendoakan masyarakat yang terdampak agar selalu diberikan kesabaran dan kekuatan untuk menghadapi cobaan ini dan segera bangkit untuk kembali beraktivitas normal,” ungkap Rikki L Tobing selaku ketua tim bantuan gempa bumi Cianjur Penerbit Erlangga. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat