visitaaponce.com

Batal Naik, Tiket Masuk TN Komodo Mulai dari Rp5 Ribu

Batal Naik, Tiket Masuk TN Komodo Mulai dari Rp5 Ribu
Seekor komodo berada di Pulau Rinca, kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.(ANTARA)

PEMERINTAH memastikan tidak ada kenaikan harga tiket masuk Taman Nasional (TN) Komodo, Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang direncanakan dipatok Rp3,75 juta per orang.

Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores Shana Fatina menyampaikan, tiket masuk TN Komodo masih berlaku lama, yakni Rp5 ribu untuk warga negara Indonesia (WNI) dan Rp150 ribu untuk warga negara asing (WNA). Hal ini sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 12 tahun 2014 tentang Penerimaaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

Baca juga: Perumda Tirta Uli Pematang Siantar Luncurkan Air Mineral Dalam Kemasan 

"Untuk tarif yang berlaku masih sama yang ditetapkan PP 12/2014" ujarnya dalam siaran YouTube Weekly Briefing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang dikutip Selasa (20/12).

Shana mengatakan, dengan pengumuman pembatalan kenaikan tiket masuk Pulau Komodo, Pulau Padar, banyak calon wisatawan yang awalnya mengurungkan niat berkunjung, sekarang sudah memastikan perjalanan mereka ke Labuan Bajo. 

"Teman-teman operator wisata juga sudah mudah mendapatkan kepastian, khususnya untuk perjalanan di tahun depan," terangnya. 

Untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan, Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores bersama stakeholders menghadirkan berbagai penawaran kegiatan akhir tahun ini, misalnya dari penawaran penginapan hotel yang tersebar di sepanjang Pesisir Barat pantai Pulau Flores yang menjadi opsi turis untuk beristirahat. 

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Labuan Bajo sudah mencapai 155.712 orang hingga November 2022. 

"Kenaikan ini cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Kami terus berupaya untuk menaikkan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo," ungkapnya. 

Pemerintah berupaya menaikkan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo dengan penyelesaian pembangunan, seperti area terbuka untuk publik, lalu dilengkapi dengan penyelenggaraan event berskala nasional dan internasional dan membranding Labuan Bajo sebagai destinasi MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

Menparekraf optimistis dengan dibatalkannya kenaikan tarif masuk TN Komodo sebesar Rp3,75 juta jumlah wisatawan semakin bertambah. Upaya konservasi untuk menjaga kelestarian alam di TN Komodo tetap menjadi perhatian utama pemerintah. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat