visitaaponce.com

Polda NTT Kerahkan 1.904 Personel Amankan Perayaan Natal Dan Tahun Baru

Polda NTT Kerahkan 1.904 Personel Amankan Perayaan Natal Dan Tahun Baru
Kapolda NTT Irjen Johni Asadoma(MI/Palce Amalo)

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengerahkan 1.904 personil untuk mengamankan perayaan Natal 25 Desember 2022 dan Tahun Baru 1 Januari 2023. Selain Polri, juga ada pengerahan personel dari TNI, Dinas Perhubungan dan Polisi Pamong Praja, sehingga total personil yang mengamankan perayaan natal dan tahun baru sebanyak 3.902 orang.

"Kita mengadakan Rakor dengan seluruh pihak terkait, termasuk dengan pihak lurah, pihak gereja, kemudian para Pemuda-pemuda Muhammadiyah, NU dan sebagainya untuk ikut mengambil bagian dalam pengamanan natal dan tahun baru," kata Kapolda NTT Irjen Johni Asadoma, Jumat (23/12).

Menurutnya, pengamanan natal itu tidak hanya menyangkut pengamanan fisik saja di gereja, tetapi juga ketertiban dan kelancaran mobilitas masyarakat dalam merayakan natal dan tahun baru dan juga mengantisipasi terjadinya bencana. "Inilah yang membutuhkan kerjasama dari semua stakeholder serta masyarakat," tambahnya.

Untuk kelancaran dan keamanan, Polda NTT telah menempatkan personel di beberapa pos yakni Pos Pelayanan, Pos Pengamanan dan Pos Terpadu di  terminal, pelabuhan, bandara dan lokasi publik lainnya.

"Kita mempunyai beberapa pos, ada pos pelayanan, ada pos pengamanan, ada pos terpadu. Nah, ini kita akan tempatkan pada terminal-terminal, kita tempatkan pada pelabuhan, airport dan juga di ruang-ruang publik, tempat masyarakat ramai beraktivitas," tambah Kapolda NTT.

Kapolda juga mengingatkan Natal dan Tahun Baru di NTT bukan hanya kegiatan keagamaan tetapi menjadi tradisi dan budaya. Aparat keamanan bertanggungjawab dan pengamanan hari raya menjadi bagian panggilan 
tugas.

Kapolda menegaskan bahwa perayaan Natal harus bebas dari petasan dan konsumsi minuman keras karena Natal adalah sukacita. Dalam melakukan pengamanan, personil polisi diminta bertindak humanis tapi tegas.

Untuk itu, Kapolda mengimbau agar pengamanan di rumah ibadah dan lokasi perayaan natal melibatkan pemuda gereja agar terlibat aktif karena polisi tidak bisa mencover semua pengamanan di wilayah. Operasi Lilin Turangga 2022 di wilayah Polda NTT dilakukan selama 11 hari mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 dilanjutkan dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan mulai tanggal 3 Januari 2023. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat