visitaaponce.com

Banjir Rob di Polewali Mandar Terjang Rumah Konservasi Penyu

Banjir Rob di Polewali Mandar Terjang Rumah Konservasi Penyu
Banjir rob di Pantai Mampiye.(Metro TV/Asrianto.)

CUACA buruk yang melanda wilayah perairan Teluk Mandar, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menyebabkan rumah konservasi penyu di pantai Mampiye, porak poranda setelah diterjang banjir rob, Jumat (23/12) petang. Akibat kejadian ini, sejumlah fasilitas mengalami kerusakan.

Gelombang laut yang mencapai dua meter itu menyebabkan beberapa fasilitas di rumah penyu tersebut seperti bak penampungan penyu dan gazebo mengalami kerusakan. Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, pengelola rumah penyu terpaksa memindahkan gazebo dengan cara diangkat ke tempat yang lebih aman untuk menghindari hempasan ombak.

Bagian rumah penyu yang paling parah mengalami kerusakan ialah rumah utama penyu yang posisinya berada di paling depan atau berhadapan langsung dengan bibir pantai sehingga kerusakannya sangat berdampak besar. Selain rumah utama tersebut, ada satu rumah penyu lain yang berada di belakangnya juga mengalami kerusakan.

Ketua Sahabat Penyu, Muhammad Yusri, mengatakan untuk sementara jadwal berkunjung ke rumah konservasi penyu ini ditutup sementara hingga perbaikannya selesai. Pembersihan ini diprediksi akan rampung hingga beberapa hari ke depan. 

Selain di pantai Mampiye, kondisi yang sama juga merata terjadi di seluruh wilayah pesisir Kabupaten Polewali Mandar. Terjangan banjir rob melanda mulai dari wilayah Kecamatan Binuang hingga Tinambung. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat