visitaaponce.com

Tiga Desa di Luwu Utara masih Terendam Banjir 1 Meter

Tiga Desa di Luwu Utara masih Terendam Banjir 1 Meter
Banjir di Luwu Utara.(Metro TV/Nur Halim Ali.)

BANJIR yang menerjang tiga desa di Luwu Utara, Sulawesi Selatan, sejak sepekan terakhir hingga saat ini belum juga surut. Sebagian besar warga di daerah tersebut terpaksa mengungsi ke tenda pengungsian yang disiapkan oleh pemerintah setempat. Ketinggian air yang mencapai satu meter juga merendam akses jalan sehingga ratusan keluarga terisolasi.

Banjir yang menerjang tiga desa yakni Lembang-Lembang di Kecamatan Baebunta Selatan serta Wara dan Cenning di Kecamatan Malangke Barat, Luwu Utara, Sulsel, hingga saat ini belum juga surut. Ketinggian air yang mencapai satu meter membuat warga terpaksa mengungsi ketenda pengungsian.

Selain merendam ratusan rumah warga di ketiga desa tersebut, banjir luapan sungai Rongkong akibat tanggul jebol memutuskan akses jalan antardesa, sehingga tim SAR mengevakuasi korban banjir ke tempat yang lebih aman.

Meskipun tim SAR menghimbau warga untuk segera dievakuasi mengingat intensitas hujan di bagian hulu terus tejadi. Namun sebagian warga memilih bertahan di rumah panggung seadanya dengan alasan menjaga harta benda yang masih tersisa.

Baca juga: Banjir di Kabupaten Landak, Warga Evakuasi Kendaraan Hanyut

Menurut salah seorang warga yang ada di Dusun Suka Makmur, Desa Lembang-Lembang, Kecamatan Baebunta Selatan, Akib, banjir sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Dirinya masih bertahan di lokasi banjir karena sebagian harta bendanya masih berada di rumah, meskipun sudah terendam banjir setinggi satu meter.

"Banjirnya sudah sepekan dan belum ada tanda-tanda surut. Banjir kini disertai pasir sehingga sebagian rumah warga tenggelam dengan pasir. Saya masih memilih bertahan untuk menjaga peralatan di rumah yang tersisa oleh banjir," kata Akib. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat