visitaaponce.com

Misa Natal di Kota Semarang Berlangsung Tertib dan Lancar

Misa Natal di Kota Semarang Berlangsung Tertib dan Lancar
Umat Katolik melaksanakan misa malam Natal di Gereja Katedral, Jakarta (25/12)(MI/Adam Dwi)

UMAT Nasrani di Kota Semarang, Jawa Tengah memadati ratusan gereja yang tersebar di daerah itu, Misa Natal dilaksanakan dari malam hingga pagi berlangsung tertib.

Pemantauan Media Indonesia, Minggu (25/12), ribuan umat Nasrani menjalankan peribadatan di ratusan gereja yang tersebar di Kota Semarang, menyambut Natal ini kegiatan Misa di berbagai gereja berlangsung cukup tertib, lancar dan aman setelah sebelumnya ratusan petugas lakukan penyisiran sejumlah gereja.

Dua sesi peribadatan malam Natal hingga Misa pagi situasi gereja terlihat cukup ramai, bahkan hampir semua dipenuhi jemaat yang tampak menunggu hingga di luar gereja karena penuh. "Kita membatasi 2.000 jemaat setiap sesi ibadah sesuai kapasitas," kata Ketua Panitia Natal Gereja Katedral Semarang Sapto Budi Yuantomo.

Pada sesi pertama ibadah malam Natal, lanjut Sapto Budi Yuantom, sesi pertama dipimpin Romo Herman Yoseph Singgih Sutoro dan sesi kedua dipimpin Romo Didik Mardianto dari Pastor Gereja Paroki Katedral Santa Maria Perawan Ratu Rosario Randusari Semarang.

Sementara itu ratusan umat Kristiani juga beribadah di Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel Semarang (Gereja Blenduk) yang berada di Kawasan Kota lama Semarang, meskipun ditengah guyuran hujan tidak mengurangi animo warga untuk beribadah.

Bahkan banyaknya jemaat yang datang baik dari dalam kota maupun luar daerah  menjadikan seluruh tempat tersedia penuh, sehingga membuat panitia menyiapkan tenda berikut layar monitor di luar gereja agar jemaat dapat menyaksikan langsung prosesi peribadatan.

Meskipun jumlah warga beribadah cukup banyak, namun semua berjalan sesuai protokol kesehatan (prokes), selain bermasker dan menjaga jarak para jemaat juga disiapkan sarana prasarana kesehatan dibawah pengawasan ketat petugas keamanan.

"Kami telah lakukan pengecekan di sejumlah gereja, semua berjalan lancar dan hikmat dan berlangsung aman dan tertib," ujar Plt Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu

Dalam Misa Natal ini, demikian Heaverita Gunaryanti Rahayu, bersama seluruh pimpinan meninjau pelaksanaan peribadatan dan menitipkan doa, agar kota Semarang selalu kondusif dan terus berkembang menjadi kota maju di Indonesia. (OL-13)

Baca Juga: Polres Kudus Sterilisasi Gereja Jelang Ibadah Natal

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat