visitaaponce.com

4 Kapal Tongkang Terpaksa Bersandar di Pelabuhan Mamuju

4 Kapal Tongkang Terpaksa Bersandar di Pelabuhan Mamuju
4 Kapal Tongkang Terpaksa Bersandar di Pelabuhan Mamuju(MGN/Irwan Abdul Latif )

CUACA buruk yang terjadi di Perairan Selat Makassar mengakibatkan 4 kapal tongkang yang membawa batu bara dan sebuah kapal kargo pemuat barang harus bersandar dan parkir di Pelabuhan Mamuju, Sulawesi Barat.

Kapal berukuran besar tersebut seluruhnya berasal dari Samarinda, Kalimantan Timur dengan tujuan labuh di Pangkep dan Jeneponto Sulawesi Selatan.

Baca juga: Mengerikan! Kapal Tongkang Tabrak Rumah Warga Pesisir di Bulukumba

Gelombang tinggi yang terjadi selama perjalanan hingga mencapai 4–6 meter membuat kapten kapal berinisiatif untuk menghentikan sementara pelayaran dan memilih bersandar di Pelabuhan Mamuju untuk berlindung demi keselamatan awak dan muatan kapal.

Salah seorang kapten kapal tongkang, Jersy mengungkapkan, dirinya terpaksa mengambil keputusan untuk bersandar karena gelombang terlalu tinggi dan membahayakan.

“Kita terpaksa cari perlindungan dengan syahbandar Mamuju dan sudah dua hari ini kami bersandar di Pelabuhan Mamuju,” ucap Jersy.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas 1 Mamuju Formansyah mengatakan akan memberikan pelayanan dan pengawasan terhadap kapal yang bersandar tersebut.

“Setelah berkoordinasi mereka kami minta berlindung dan selanjutnya dapat melanjutkan pelayaran apabila cuaca membaik karena ini demi keselamatannya,” ujar Fourmansyah di Mamuju, Selasa (27/12/2022). (Mef/A-3)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat