visitaaponce.com

Banjir Landa Empat Kabupaten Di Madura

 Banjir Landa Empat Kabupaten Di Madura
Ilustrasi(Medcom)

BENCANA banjir melanda empat kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur, Minggu (1/1). Puluhan desa dan kelurahan di wilayah tersebut, tergenang musibah yang disebabkan hujan deras selama sehari.

Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masing-masing kabupaten, di Kabupaten Pamekasan terdapat 8 desa dan 6 kelurahan, di Kabupaten Sampang terdapat 11 desa dan 5 kelurahan, di Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sumenep terdapat masing-masing 5 desa.

Banjir terjadi setelah hampir seluruh wilayah Madura diguyur hujan hampir sehari pada hari sebelumnya. Akibatnya, air dari wilayah dataran tinggi dan menumpuk di kawasan dataran rendah. "Kiriman air dari kawasan hulu menyebabkan air sungai di kawasan kota meluap dan menggenangi sejumlah desa dan kelurahan," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Budi Cahyono.

Di Kabupaten Sampang, banjir melumpuhkan aktivitas warga di jantung kota. Jalur utama dari wilayah tersebut ke kabupaten lain di Madura putus total dan dialihkan ke wilayah pantura Madura.

Di jalur selatan yang merupakan jalur utama antar Kabupaten, terdapat sedikitnya 5 titik jalan yang tergenang banjir dengan ketinggian hampir setengah meter. Selain di Kota Sampang, jalur yang tergenang cukup parah antara lain Jalan Raya Kemuning, Jalan Raya Jrengik, dan Jalan Raya Blega.

Kepala BPBD Sampang, Asrori, mengatakan sejauh ini belum ada wargA terdampak yang mengungsi. Namun pemerintah setempat menyiapkan sejumlah lokasi untuk warga yang akan mengungsi, diantaranya di Pasar Srimangunan. "Kami juga menyiapkan dapur umum untuk membantu warga yang terdampak," kata Asrori. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat