visitaaponce.com

PJU Hanya Jadi Hiasan, Pelabuhan Larantuka Gelap Gulita di Malam Hari

PJU Hanya Jadi Hiasan, Pelabuhan Larantuka Gelap Gulita di Malam Hari
Lampu PJU terpasang di pelabuhan Larantuka namun tidak berfungsi.(MI/HO)

SEBANYAK 15 unit penerangan jalan umum (PJU) yang ada di Pelabuhan Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak berfungsi atau rusak. Kondisi tersebut menyebabkan pelabuhan laut utama yang ada di Kabupaten Flotim tersebut gelap gulita pada malam hari.

Seperti yang dilihat wartawan Metrotv, Jumat (6/1) malam, sebagian besar lokasi di pelabuhan laut tersebut gelap tanpa penerangan.

Beberapa titik lokasi terlihat sedikit terang karena adanya cahaya dari kapal-kapal penyeberangan antarpulau yang tengah berlabuh.

Salah satu nahkoda kapal penyeberangan bernama Usman Boleng mengatakan PJU yang terpasang di pelabuhan sudah tidak berfungsi selama setahun lebih.

"Kalau saya tidak salah sudah setahun lebih lampu penerangan yang ada di pelabuhan tidak berfungsi, pak," ujarnya.

Menurut Usman, lampu tersebut tidak berfungsi lantaran Aki tempat penampung arus dicuri orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Aki Semua lampu di sini sudah hilang semuanya. Orang sudah curi semua," kata nahkoda kapal tersebut.

Selain itu, dirinya juga mempertanyakan pihak keamanan maupun pengeolah pelabuhan yang tidak memperduikan hal itu.

"Kami lihat syahbandar cuek saja pak, bagaimana bisa semua aki PJU di pelabuhan dicuri tanpa adanya laporan ke kepolisian padahal lampu-lampu ini juga di adakan dari uangnya rakyat," ungkap Usman.

Sementara itu, nahkoda kapal lainnya Ibrahim Ali menambahkan bahwa PJU yang terpasang hanyalah sebagai penghias di pelabuhan.

"Tiang-tiang lampu ini hanya jadi penghias saja. Kalau siang hari kita lihat banyak tiang lampu pelabuhan oke punya. Tapi Malam hari gelap gulita begini," pungkasnya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat