visitaaponce.com

Dinsos Cianjur Belum Miliki Data Terkini Angka Kemiskinan

Dinsos Cianjur Belum Miliki Data Terkini Angka Kemiskinan
Ilustrasi(DOK MI)

DINAS Sosial Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, belum memiliki data terkini angka kemiskinan. Karena itu, Dinsos akan segera berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS).

Kepala Dinsos Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, menjelaskan data angka kemiskinan terbaru berdasarkan hasil pendataan registrasi sosial dan ekonomi (regsosek) pada 2022. Namun sampai saat ini belum ada konfirmasi data terbaru dari BPS. "Nanti kita komunikasikan dengan BPS terkait datanya," kata Asep, Selasa (17/1).

Asep mengaku belum bisa berandai-andai soal angka kemiskinan, apakah naik atau turun. "Kita belum bisa menerima hasil regsosek-nya. Jadi belum bisa memperkirakan kenaikan atau penurunan angka kemiskinannya," tegasnya.

Angka kemiskinan, sebut Asep, merupakan tolok ukur bagi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Di daerah akan menyeleksi datanya untuk menghindari terjadi penerimaan bantuan ganda. "Data registrasi sosial ekonomi otu nanti akan kita kombinasikan dengan DTKS. Jadi nanti ada satu data. Registrasi sosial ekonomi itu kan memotret kondisi sosial dan ekonomi masyarakat," tuturnya.

Asep berharap kegiatan registrasi sosial ekonomi akan lebih detail mengukur ketidakmampuan sosial ekonomi masyarakat. Sehingga ke depan akan didapati data riil instrumen dan indikator sosial ekonomi masyarakat.

"Biasanya desa itu update data melalui musyawarah. Setiap RT akan mengusulkan perubahan nama atau perubahan kepesertaan. Bisa saja," pungkasnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat