visitaaponce.com

Korban Gempa Papua Bertambah, 3 Orang Luka Berat

Korban Gempa Papua Bertambah, 3 Orang Luka Berat
Perawat mengevakuasi pasien keluar dari gedung RSUD Dok 2 Jayapura setelah terjadinya gempa bumi di Jayapura, Papua, Kamis (9/2/2023).(ANTARA FOTO/Gusti Tanati/app/nym.)

KORBAN luka akibat gempa bumi magnitudo 5,4 di Papua bertambah menjadi lima orang. 

Kapolres Kota Jayapura, Kombes Victor Dean Mackbon menjelaskan awalnya korban luka hanya tiga orang, namun dalam perkembangannya bertambah menjadi lima orang. Korban luka kini masih menjalani perawatan di rumah sakit.

"Dari data yang kami himpun, korban luka bertambah menjadi lima orang. Dua orang ini mengalami luka ringan. Saat ini sedang dirawat, termasuk tiga orang sebelumnya yang mengalami luka berat," kata Victor, Jumat (10/2/2023).

Victo mengatakan pihaknya sampai saat ini masih terus berkoordinasi dengan BPBD setempat untuk melakukan pendataan terkait korban yang terdampak. Menurutnya, tidak tertutup kemungkinan masih ada korban jiwa lainnya.

Diketahui gempa yang terjadi pada Kamis (9/2/2023) ini menyebabkan empat korban meninggal dunia. Keempat korban tewas akibat tertimbun sebuah bangunan semipermanen yang difungsikan sebagai rumah makan. Bangunan tersebut jatuh ke laut.

Saat ini, kata Victor, keempat jenazah sudah diserahkan kepada keluarga masing-masing.

"Sementara untuk empat korban meninggal dunia sudah dibawa kerumah duka untuk disemayamkan," ujarnya.

Selain menelan korban jiwa, dampak dari gempa bumi magnitudo 5,4 tersebut menyebabkan sejumlah fasilitas umum seperti rumah sakit, kantor pemerintahan dan rumah warga rusak.

Berdasaarkan data BPBD Provinsi Papua setidaknya tercatat 2 rumah rusak sedang, 3 rumah rusak berat, 1 ruko cafetaria Cirita roboh kemudian tenggelam, 3 gedung terdampak, RSUD Kota Jayapura rusak, 1 masjid, 2 gereja, dan 1 unit hotel turut terdampak.

Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua telah menetapkan situasi tanggap darurat bencana selama 21 hari terhitung mulai 9 Februari 2023 hingga 1 Maret 2023. (Ren/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat