visitaaponce.com

Puluhan Warga Gununghalu Bandung Barat Diduga Keracunan Makanan

Puluhan Warga Gununghalu Bandung Barat Diduga Keracunan Makanan
Ilustrasi(Medcom)

PULUHAN warga Kampung Cilangari RW 11 Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat diduga mengalami keracunan setelah menyantap hidangan dalam acara keagamaan yang berlangsung, Sabtu (11/2) malam.

Warga mulai merasakan keluhan mual, muntah-muntah, pusing, hingga diare sejak Minggu (12/2) pagi. Awalnya, gejala dirasakan satu dua orang. Namun, menjelang siang jumlah warga yang mengalami mual-mual terus bertambah.

Bedasarkan pendataan aparat Desa Cilangari, hingga Minggu (12/2) sore total ada sekitar 50 orang mengalami mual, muntah-muntah, pusing, dan diare yang tersebar di 11 RW.

"Sampai saat ini kami masih mendata jumlah warga yang mengalami keluhan serupa. Para warga mendapat perawatan di Masjid As Saniyah RW 11 supaya memudahkan tenaga medis Puskesmas memberikan pengobatan," kata Kepala Desa Cilangari, Sabana.

Para korban mayoritas diberikan penanganan infus untuk mencegah kekurangan cairan karena terus menerus mengalami muntah dan diare. "Hampir semua diinfus. Jadi penanganan dipusatkan di masjid agar cepat tertangani," ungkapnya.

Pihaknya belum bisa menyebutkan penyebab keluhan mual-mual yang dialami warga. Namun dugaan sementara, hal ini dipicu makanan yang dihidangkan dalam acara keagamaan di Masjid As Saniya yang diadakan pada Sabtu (11/2)malam.

Untuk mengetahui penyebab pasti, sampel makanan akan diuji lab. Pasalnya, banyak di antara jamaah yang ikut hadir dan menyantap sajian, justru dalam kondisi baik-baik saja.

"Penyebabnya belum diketahui. Memang rata-rata warga merupakan jamaah yang hadir di acara tabligh akbar, tapi banyak juga yang menyantap tapi masih sehat. Jadi untuk memastikan kita uji lab makanannya," jelasnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat