visitaaponce.com

Banjir Bandang Landa Pegunungan di Purbalingga

Banjir Bandang Landa Pegunungan di Purbalingga
Ilustrasi(DOK.MI)

CURAH hujan tinggi yang terjadi di daerah pegunungan atau lereng timur Gunung Slamet berakibat banjir bandang yang terjadi pada Senin (13/2) petang.

Banjir bandang terjadi akibat curah hujan tinggi di wilayah pegunungan selama dua jam penuh. Sehingga memicu terjadinya banjir bandang di wilayah setempat. Banjir bandang melanda satu RT di Dusun Gunung Malang, Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah.

Akibat banjir bandang itu, sebanyak 9 rumah mengalami kerusakan parah. Tidak hanya itu, ada satu mobil dan dua sepeda motor sempat hanyut terbawa arus banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Priyo Satmoko, mengatakan pada Selasa (14/2), warga bersama tim BPBD dan relawan menyingkirkan lumpur yang masuk ke permukiman penduduk.


Baca juga: Jaringan Listrik Masih Padam di Sumbawa Barat akibat Banjir


"Banjir sudah reda, tetapi harus tetap waspada. Apalagi kalau hujan deras kembali turun," katanya.

Ia mengatakan banjir terjadi setelah wilayah Karangreja diguyur hujan deras selama dua jam. Hujan deras itu menyebabkan longsor dan sungai meluap.

Sementara pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan, mengatakan ancaman bencana hidrometeorologi masih mengancam hingga Kamis (17/2) akibat cuaca ekstrem.

"Ancaman bencana hidrometeorologi terjadi karena ada potensi cuaca ekstrem yang ditandai dengan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," jelasnya. (OL-16)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat