visitaaponce.com

Cuaca Esktrem Berpotensi Landa Yogyakarta

Cuaca Esktrem Berpotensi Landa Yogyakarta
Ilustrasi(ANTARA)

STASIUN Meteorologi Yogyakarta meminta masyarakat di DIY mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem hingga tiga hari ke depan, 16-18 Februari 2023.

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/2) mengatakan berdasarkan hasil analisis dinamika  atmosfer terkini, gelombang atmosfer Rossby aktif di wilayah Jawa bagian barat. Gelombang atmosfer ini, jelasnya  berkontribusi terhadap pembentukan awan di wilayah sekitarnya.

"Indeks Osilasi Selatan atau SOI bernilai +13.3 yang menunjukkan terdapat suplai uap air bergerak dari Pasifik Timur ke Pasifik Barat, dengan nilai Indeks ENSO di NINO 3.4 sebesar -0.50 sehingga signifikan terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia," katanya.

Kondisi tersebut, ujarnya, juga didukung dengan adanya sirkulasi Siklonik di selatan Jawa yang membentuk belokan angin dan konvergensi (pertemuan massa udara) di wilayah Sumsel, Jateng, Jatim, Bali, NTB, NTT sehingga memicu peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Profil vertikal kelembapan udara yang relatif cukup tinggi mencapai di atas 70 % dan labilitas lokal pada siang hari yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah DIY.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, lanjutnya, BMKG DIY memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk 16-18 Februari 2023 dapat terjadi di wilayah DIY. Diprakirakan pula, gelombang laut di perairan selatan Yogyakarta pada  kisaran 2,5 hingga 4,0 meter atau kategori tinggi.

"BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," katanya. (OL-15) AU

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat