visitaaponce.com

BUMDes Kedungturi Sidoarjo Mampu Sejahterakan Warga, Kok Bisa

BUMDes Kedungturi Sidoarjo Mampu Sejahterakan Warga, Kok Bisa?
Menteri Desa dan PDT Abdul Halim Iskandar (batik hijau) didampingi istri dan perangkat desa Kedungturi, Minggu (26/2/2023)(MI/Heri Susetyo)

BADAN Usaha Milik Desa (BUMDes) Kedungturi Turi Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur patut ditiru. Karena terbukti membawa kebaikan bagi masyarakat sekitar, penghasilannya tidak dikorupsi dan gaya hidup pengurusnya sederhana

Lantaran itu, BUMDes Kedungturi memiliki beberapa usaha dan assetnya sudah mencapai Rp17 miliar.

"BUMDes ini tahun 2022 lalu telah menyalurkan kredit permodalan senilai Rp2 miliar lewat usaha simpan pinjam," kata Ketua BUMdes Kedungturi Zainul Milahi, kemarin malam (26/2).

Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) Sumber Rejeki tersebut, memiliki nasabah 3.500 warga desa. Dengan angka sebanyak itu, kata Zainul Milahi, membuktikan warga desa sudah percaya dengan usaha simpan pinjam yang dikelolanya.

BUMDes tersebut saat ini memiliki lima usaha yaitu usaha perdagangan, toko, penjahit tas, simpan pinjam dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). Dari usaha-usaha tersebut sudah menyerap 49 tenaga kerja. Ini angka tertinggi BUMDes di Sidoarjo yang mampu menyerap tenaga kerja sebanyak itu.

Khusus untuk produksi tas yang mempekerjakan 21 penjahit, memanfaatkan kain-kain yang tidak terpakai. Tas kain produksi BUMDes Kedungturi tersebut sudah ada pasarnya yaitu di hotel-hotel di kawasan wisata Bali.

"Kalau di sini mungkin tidak laku, tapi di Bali tas itu laku dijual Rp50 ribu per bijinya," kata Zainul Milahi yang akrab disapa Emil.

Dalam sebuah kesempatan, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, mengapresiasi BUMDes Kedungturi ini. Sebab BUMDes tersebut terbukti berperan besar, menyejahterakan masyarakat desa melalui beberapa usaha ekonominya.

Namun Mendes PDT berharap, agar BUMDes juga bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini dibutuhkan untuk menjamin keamanan uang nasabah, yang disimpan di usaha simpan pinjam.

"Kalau bisa minta dukungan atau pendampingan dari OJK, supaya safetynya jelas dijamin pemerintah," kata Abdul Halim Iskandar saat meninjau BUMDes Kedungturi Sabtu malam (25/2).

Pada Sabtu malam kemarin, BUMDes ini juga mengadakan pesta rakyat, dan mengundang pelawak Percil lengkap dengan kru-nya. Pesta rakyat ini mengundang ribuan nasabah lewat undian berhadiah. Kegiatan tersebut tanpa menggunakan dana APBD, dan murni dari BUMDes. (OL-13)

Baca Juga: Latih BUMDes, Upaya Majukan Perekonomian Desa

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat