visitaaponce.com

Budiman Sudjatmiko Bantah Minta Jatah Menteri ke Presiden Jokowi

Budiman Sudjatmiko Bantah Minta Jatah Menteri ke Presiden Jokowi
Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko(MI/ARYA MANGGALA)

BUDIMAN Sudjatmiko membantah dirinya meminta jatah menteri ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan PDIP. Budiman mengatakan Jokowilah yang pernah memintanya menjadi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT).

Budiman mengungkapkan, pada 2014, setelah pelantikan kabinet pertama Jokowi, dirinya dipanggil oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Pak Jokowi, pada 2014, saat pertama kali lantik kabinet, saya, besoknya dipanggil Pak Pratikno di kantor MM UGM di Manggarai. Ada satu pernyataan Pak Pratikno, 'Mas Budiman, Pak Jokowi kan baru bikin Kementerian Desa. Itu sebetulnya kementerianya itu untuk sampean. Tetapi karena ada dinamika politik, harus diserahkan kepada yang lain'. Its okay, enggak ada masalah,” ucap Budiman kepada awak media di Tennis Indor Senayan, Selasa (22/8).

Baca juga : PDIP Sebut Jokowi Pertahankan Kekuasaan Lewat RUU DKJ

Lalu, pada 2015, Budiman mengaku dipanggil lagi ke Istana oleh Presiden Jokowi. Saat itu, Jokowi ingin melakukan reshuffle dan memberikan kursi Menteri Desa untuk Budiman. Namun, batal karena ada dinamika politik.

"2015, saya dipanggil ke Istana, Pak Jokowi bilang, 'Kita ingin reshuffle, kita ingin Kementerian Desa untuk Mas Budiman, tapi rupanya masih ada dinamika politik yang lain'. Oke," kata Budiman.

Di tahun yang sama, Budiman menyebut dipanggil lagi ke rumah Jokowi di daerah Sumber, Solo, Jawa Tengah untuk membahas jatah kursi Menteri Desa tersebut. Budiman menegaskan ke Jokowi sudah tidak bernafsu menjadi menteri.

Dengan demikian, Budiman mengaku tidak pernah meminta jatah menteri, bahkan saat menjadi anggota DPR selama dua periode.

“Akhirnya saya bilang, 'Pak saya berkali-kali dipanggil, cuma untuk bicara, 'Saya sebenarnya berniat memberikan kementerian kepada Mas Budiman tapi ada dinamika politik. Gini aja deh Pak, saya ini enggak patheken (gak nafsu banget) jadi menteri, lagi pula kalau urusan desa, saya bisa menggerakan desa tanpa harus jadi menteri',” ucap Budiman. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat