visitaaponce.com

RSUD WZ Johannes Kupang bakal Jadi Rumah Sakit Pusat Kanker NTT

RSUD WZ Johannes Kupang bakal Jadi Rumah Sakit Pusat Kanker NTT
Gedung Ruang IGD RSUD WZ Johannes di Kota Kupang, NTT.(MI/Palce)

RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) WZ Johannes yang terletak di Jalan Mohammad Hatta, Kelurahan Kuanino, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), bakal dipindahkan ke lokasi yang baru. Adapun lokasi RSUD WZ Johannes saat ini akan berganti nama menjadi RS Pusat Kanker NTT.

"RSUD Johannes yang sekarang, akan kita pindahkan ke lokasi baru yang tentunya kita siapkan dengan baik. Langkah ini yang sementara dijajaki oleh Pemerintah Provinsi NTT," kata Gubernur NTT Viktor Laiskodat di Kupang, Senin (27/2).

Gubernur mengatakan hal itu saat menerima kunjungan Direktur RSUD WZ Johannes Kupang dr Mindo Edi Sinaga bersama staf. Laiskodat  mengatakan, pihaknya mendukung pengembangan pusat layanan radioterapi di RS tersebut.

"Ini sebuah langkah maju, karena ke depannya pusat layanan radioterapi yang lokasinya akan dibangun di areal RSUD Johannes akan dikembangkan menjadi sebuah RS Pusat Kanker NTT," ujarnya.


Baca juga: BUMDes Kedungturi Sidoarjo Mampu Sejahterakan Warga, Kok Bisa?


Laiskodat yakin rencana membangun rumah sakit kanker akan terwujud.

"Langkah awal ini adalah persiapkan SDM yang andal dan siap bekerja profesional. Formasi tenaga tekniks perlu kita rekrut. Kalau kita punya tenaga medis yang hebat, ke depannya para tenaga medis terampil RS ini, bisa mengajar dan mendidik tenaga medis lannya dari daerah ataupun provinsi lainnya," kata Gubernur lagi.

Ahli Onkologi RSUD WZ Johannes, dr Heri, mengatakan, radioterapi yang akan dibangun mengunakan one stop service. "Pasien kanker akan dirawat dan diobati pada tempat tersebut, disertai juga dengan fasilitas penginapan bagi pasien kanker," ujarnya.

Menurutnya, mulai dari perencanaan pembangunan rumah sakit kanker mendapat pendampingan dari RS Dharmais, terutama untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. "Tahun depan kita sudah bisa laksanakan rencana ini," ujarnya.

Di lokasi itu juga bakal dibangun gedung berlantai dua yang nantinya menjadi pusat pelayanan pemeriksaan jantung. "Khusus untuk rencana ini juga akan didukung oleh RS Pusat Jantung Harapan Kita Jakarta," tambah dr Mindo Edi Sinaga. (OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat