visitaaponce.com

Syahbandar Pelabuhan Kalianget Hentikan Pelayaran Akibat Cuaca Buruk

Syahbandar Pelabuhan Kalianget Hentikan Pelayaran Akibat Cuaca Buruk
Ilustrasi(ANTARA)

KANTOR Syahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menghentikan sementara pelayaran menuju Pulau Masalembu dan tujuan lain lain yang melintasi Laut Jawa. Hal ini dilakukan karena kondisi cuaca yang dinilai bisa membahayakan keselamatan pelayaran.

Kepala KSOP Kalianget, Taufiq Rahman mengatakan cuaca di Laut Jawa yang menjadi rute pelayaran keperintisan menuju Masalembu dan Surabaya saat ini sangat berbahaya akibat tingginya gelombang dan kecepatan angin. "Sesuai rilis dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) ketinggian gelombang bisa mencapai 2,5 meter bahkan bisa lebih. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung selema beberapa hari," katanya, Selasa (28/2).

Akibat penghentikan pelayaran sementara, hingga sore ini KMP Sabuk Nusantata III masih tertahan di Pelabuhan Kalianget. Kapal penumpang yang melayani rute keperintisan di Jawa Timur itu, seharusnya sudah bertolak ke Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya dengan transit di Pulau Masalembu.

Para penumpang untuk sementara ditampung di ruang tunggu terminal pelabuhan dan sebagian lainnya berada di rumah singgah yang disiapkan warga kepulauan. Selama menunggu dibukanya pelayaran, para penumpang tersebut mendapat bantuan makanab dari Pemkab Sumenep dan operator kapal yang disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Kami berharap cuaca buruk segera reda, karena kami harus segera sampai di Masalembu dan tidak mungkin terus bertahan di sini," kata Usman, salah seorang penumpang. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat