visitaaponce.com

Kretek Lokal Sumenep Makayasa Rambah Pasar Ekspor ke Malaysia

Kretek Lokal Sumenep Makayasa Rambah Pasar Ekspor ke Malaysia
Peresmian Pabrik Rokok Mahaputera Nusantara(Dok. PR MPN)

PABRIK Rokok Mahaputera Nusantara (PR MPN) dalam waktu dekat akan melakukan ekspor produk kretek Makayasa ke Kuala Lumpur, Malaysia.

CEO PR MPN H Supriadi mengungkapkan kretek Makayasa yang masih jarang terdengar oleh masyarakat Madura itu justru siap merambah pasar internasional. Untuk kali pertama, pihaknya akan mengekspor kretek Makayasa sebanyak 4.000 bal.

“Alhamdulillah, bulan depan kami akan melakukan ekspor. Keberhasilan ini bukan karena lobi, tapi karena Makayasa memang dikenal dengan aroma dan rasanya khas,” terang Adi, sapaan akrab Supriadi.

Baca juga : Pameran UMKM Merdeka Export 2023 Melaka - Malaysia Perkuat Mitra Dagang

Adi menambahkan, Makayasa hadir sebagai produk kretek lokal Sumenep dengan mengutamakan tembakau asli Sumenep, Madura. Pemilihan tembakau Sumenep ini merupakan salah satu misi PR MPN untuk mengangkat nilai jual tembakau petani Madura.

“Tembakau yang kami ambil 20-30 persen itu lokal, sekitar 10 persen dari Jawa Barat, dan sisanya ambil 5 persen dari berbagai daerah. Jadi kami memang mengutamakan tembakau lokal,” imbuhnya.

Adi menjelaskan, perjalanan PR MPN hingga bisa menghasilkan rokok kretek Makayasa dengan aroma khas tembakau Madura tidak mudah. Namun, upaya keras PR MPN perlahan mulai membuahkan hasil. 

Baca juga : Rokok Batangan Jadi Pemicu Kenaikan Prevalensi Perokok Remaja

“Produk kretek kami sudah memiliki agen distribusi di 12 daerah di Indonesia mulai Lombok, Makassar hingga Bali,” ujar Adi.

Untuk mendukung peningkatan kualitas dan melonjaknya permintaan pasar termasuk ekspor, PR MPN tengah mempersiapkan diri untuk merekrut karyawan baru. 

“Kami ingin produk lokal naik kelas dan kemudian bisa bermanfaat bagi warga dengan membuka lapangan kerja. Saat ini kami membutuhkan sekitar 200 karyawan,” pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat