visitaaponce.com

Gandeng Nyalanesia, PemkabDharmasraya Gelar Sumarak Literasi

Gandeng Nyalanesia, Pemkab Dharmasraya Gelar Sumarak Literasi 
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan (kiri).(Ist)

SETELAH sukses terselenggara pada tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya serta Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Dharmasraya kembali bekerja sama dengan Nyalanesia mendorong sekaligus memfasilitasi pengembangan literasi bagi ratusan sekolah di Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat (Sumbar). 

Program Sumarak Literasi Dharmasraya diselenggarakan guna menjadi solusi sekaligus wahana bagi ratusan sekolah untuk mengakselerasi kualitas budaya literasi dan mutu pendidikan secara lebih efektif, efisien, dan penuh suka cita.

Program pengembangan literasi sekolah/madrasah ini akan memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK untuk menerbitkan buku dan pengembangan program literasi.

Peserta juga akan mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, kompetisi berliterasi bergengsi di tingkat daerah dan nasional dengan total hadiah senilai ratusan juta rupiah. 

Baca juga: Pendaftaran Lomba Literasi dan Numerasi 2023 Dibuka Sampai 3 Maret

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan bahwa dunia pendidikan Dharmasraya punya tugas berat untuk mempersiapkan anak-anak menuju generasi Indonesia Emas pada tahun 2045 nanti.

"Kami selaku Bupati Dharmasraya sangat mengharapkan kegiatan Sumarak Literasi ini bisa jadi momentum untuk meningkatkan kualitas pendidikan Dharmasraya umumnya dan kemampuan literasi siswa dan tenaga kependidikan pada khususnya," jelasnya.

"Usaha yang kita lakukan sekarang, mungkin tidak akan langsung kelihatan hasilnya, namun yakinlah ikhtiar kita ini akan jadi nilai ibadah yang tidak akan terputus selagi ilmu dan kebaikan yang diajarkan menjadi amalan bagi anak-anak kita semua nantinya," terang Sutan Riska.

"Selamat berkarya, semoga semua bisa menunjukkan yang terbaik, karya kita insya Allah dipersembahkan dari Dharmasraya untuk Indonesia," ujar Sutan Riska.

Seluruh sekolah yang menjadi peserta program akan difasilitasi dan bertualang bersama serangkaian kegiatan yang meliputi workshop dan sertifikasi kompetensi, penulisan dan perlombaan literasi, penerbitan dan percetakan buku.

Selain itu, kegiatan pengembangan program literasi digital melalui website literasi sekolah, konsultasi program literasi sekolah, penganugerahan penghargaan dan hadiah, hingga Puncak Acara Sumarak Literasi Dharmasraya.

Program Sumarak Literasi Dharmasraya merupakan pengembangan program Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional yang diselenggarakan oleh Nyalanesia sejak tahun 2016.

Berkolaborasi dengan berbagai instansi pendidikan, pemerintah dan perusahaan peduli literasi, program GSMB Nasional telah diikuti 3.265 sekolah dari 35 provinsi dan berhasil menerbitkan lebih dari 5.000 judul buku.

"Program ini dipersembahkan bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Dharmasraya guna menjadi solusi sekaligus wahana untuk mengakselerasi kualitas budaya literasi dan mutu pendidikan secara lebih efektif, efisien, dan penuh suka cita," ujar Lenang Manggala, selaku Founder Nyalanesia.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan Dinas Pendidikan Dharmasraya yang telah memfasilitasi sekolah-sekolah di daerahnya melalui program ini," ujar Lenang.

Pada tahun 2023 ini, Pendaftaran Program Sumarak Literasi Dharmasraya masih dibuka hingga tanggal 31 Maret 2023.

Informasi lebih lengkap dan pendaftaran Sumarak Literasi Dharmasraya dapat diakses melalui situs resmi www.sumarakliterasidharmasraya.id.

“Kami mengapresiasi dan mendukung penuh penyelenggaraan program Sumarak Literasi Dharmasraya ini," ujar Bobby P. Riza, selaku Kepala Dinas Pendidikan Dharmasraya.

"Setelah sukses dalam penyelenggaraan program yang dimulai pada tahun 2020, kami berharap kolaborasi dengan Nyalanesia tetap terus terjalin dengan baik, dan program ini dapat diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya,” jelas Bobby. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat