visitaaponce.com

Gelombang Tinggi, Ikan Laut Segar Langka Pesisir Pantura Jawa

Gelombang Tinggi, Ikan Laut Segar Langka Pesisir Pantura Jawa
Ilustrasi(DOK MI)

GELOMBANG tinggi membuat sebagian besar nelayan di wilayah pantura Jawa, memilih untuk tidak melaut. Akibatnya, pasokan ikan laut segar menjadi langka.

"Sudah lebih dari sepekan, ikan laut segar sangat sulit didapat," keluh Narti, ibu rumah tangga di Kecamatan Panceng, Gresik,  Kamis (2/3).

Hal senada disampaikan Burhan, pedagang ikan di Pasar Panceng. Menurut dia, sejak sepuluh hari terakhir dirinya tidak mendapatkan pasukan ikan segar dari nelayan setempat.

"Ini kan lagi musim angin timur yang memicu gelombang besar. Karena tidak ada pasokan ikan, saya tidak berjualan ikan laut segar sejak dua pekan lalu," ungkapnya.

Menurutnya, hanya ada beberapa jenis ikan saja yang masih bisa di jumpai pasaran seperti cumi-cumi dan jenis udang serta beberapa hasil sebagian kecil nelayan yang nekat turun melaut. "Dengan kondisi tersebut, dirinya hanya berjualan ikan laut yang sudah kering dan ikan beku yang dibeli dari parbrikan," ujarnya.

Ditambahkan Burhan, hal yang sama juga terjadi di pesisir Lamongan. "Di Pelabuhan Lamongan juga tidak ada ikan segar karena tidak ada nelayan yang melaut akibat gelombang tinggi," ungkapnya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat