visitaaponce.com

Gerakkan Warga, Udi Hartoko Sulap Pujon Kidul sebagai Desa Wisata

Gerakkan Warga, Udi Hartoko Sulap Pujon Kidul sebagai Desa Wisata
Udi Hartoko.(Dokumentasi pribadi.)

DESA terpencil hampir selalu diidentikkan dengan kemiskinan dan keterbelakangan. Itulah yang terjadi pada Desa Pujon Kidul di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dahulu Desa Pujon Kidul merupakan desa yang kumuh dan miskin. 

Namun berkat usaha keras warganya, kini Desa Pujon Kidul disulap menjadi desa destinasi wisata di Malang. Sosok di balik kesuksesan Desa Pujon Kidul ialah Udi Hartoko. Ia motor penggerak perubahan di desa tersebut. Atas usaha itu, Udi masuk nominasi Kick Andy Heroes 2023.

Udi hanyalah pria lulusan madrasah aliyah negeri yang sejak 2011 mendapat amanah menjadi Kepala Desa Pujon Kidul. Sebelum menjadi kepala desa, Udi pernah bekerja menjadi satpam. Bahkan saat memutuskan menjadi kepala desa, Udi sedang di puncak karier sebagai seorang manajer operasional hotel di Malang.

Saat diadakan pencalonan kepala desa di Desa Pujon Kidul, Udi diminta banyak warga sekitar untuk mendaftarkan dirinya. Banyak dukungan dan semangat yang Udi terima dari warga desa. Udi yang memang warga asli Pujon Kidul akhirnya terpilih menjadi kepala desa dan janjinya kepada kedua orangtuanya ia penuhi untuk mengabdikan diri kembali ke desanya. 

Pada 2011, dia pernah mengucapkan janji ketika berkampanye dalam Pemilihan Kepala Desa Pujon Kidul. Di depan warga, dia berujar akan menjadikan Desa Pujon Kidul sebagai desa wisata bila terpilih sebagai kades. Salah satu visi misi ketika Udi mencalonkan dirinya sebagai kepala desa ialah mengelola potensi sumber daya manusia untuk wisata desa.

Ketika Udi terpilih sebagai kades, konsekuensinya ia harus merealisasikan janjinya. Segera ia mengambil langkah untuk mewujudkan Desa Wisata Pujon Kidul. Ia membuat konsep wisata yang belum pernah ada di Malang, yakni Kafe Sawah di lahan kas desa seluas 6.397 meter persegi dan mengajak warga yang tinggal sekitar persawahan untuk ikut mengelola hingga akhirnya lahan desa dan lahan masyarakat yang diberdayakan untuk desa wisata menjadi 3 hektare. 

Baca juga: Sepak Terjang Ikhwan Arief Pulihkan Ekosistem Selat Bali

Kafe Sawah dikelola Udi Hartoko di bawah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Sejahtera. Total penyertaan modal yang berasal dari dana desa sudah mencapai Rp200 juta. Di tahun lalu omzet yang didapat dari usaha BUMDes itu sudah melampaui Rp2 miliar. 

Selain itu, beberapa kelompok tani dan kelompok peternak diberdayakan menjadi pemandu wisata. Bahkan kini, tak ada lagi pemuda desa yang kerjanya mabuk-mabukan dan menjadi penggangguran setelah dibina dan dipekerjakan di Kafe sawah oleh Udi Hartoko. Kini Desa Pujon Kidul banyak dikunjungi wisatawan dan sukses menjadi desa wisata. Masayarakat Desa Punjon Kidul pun kini hidup sejahtera dengan meningkatnya pendapatan ekonomi mereka. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat