visitaaponce.com

Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Bandung Barat

Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Bandung Barat
Puting Beliung di Kabupaten Bandung Barat(MI/Depi Gunawan)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat mencatat puluhan rumah di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua mengalami kerusakan akibat peristiwa angin puting beliung.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Bandung Barat, Amas Winata menyebutkan, total kerusakan mencapai 56 rumah dengan rincian, 52 rusak ringan, 1 rusak sedang, dan 3 rumah rusak berat.

"Puting beliung terjadi pada hari Minggu (5/3) sore kemarin. Selain merusak puluhan rumah di dua kampung, peristiwa itu pun menyebabkan satu tower triangle mengalami roboh," terang Amas, Senin (6/3).

Amas menjelaskan, kerusakan rumah kebanyakan terjadi pada bagian atap karena tidak kuat menahan hembusan angin yang sangat kencang. Meski begitu, dirinya memastikan tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

"Korban tidak ada, tetapi para pemilik rumah mengalami kerugian materi dan membutuhkan bantuan untuk memperbaiki kerusakan, terutama yang rumahnya masuk kategori Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu)," ujarnya.

Baca juga : Kebakaran Landa Pabrik Pengolahan Serbuk Kayu di Kabupaten Malang

Dipastikan pula bahwa dalam peristiwa itu tidak sampai ada warga yang harus mengungsi sebab kondisi rumah masih bisa ditempati, terutama yang hanya rusak ringan.

"Warga juga ada yang langsung memperbaiki secara mandiri bagian yang rusak supaya mereka bisa langsung menempati dan tidak mengungsi ke rumah warga lainnya," tuturnya.

Terkait perbaikan rumah berkategori rutilahu, lanjut Amas, hal itu harus dikoordinasikan dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) karena menyangkut anggaran.

"Itu bukan kewenangan kami, BPBD hanya melakukan assessment dan melakukan evakuasi material bangunan yang rusak, "jelasnya. 

Baca juga : Hantam Jalan Berlubang Terendam Banjir, Truk Muatan Gabah Terguling

(Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat