visitaaponce.com

Kelola Stres, 100 Personel Satgas Madago Diberikan Pendampingan Psikologi

Kelola Stres, 100 Personel Satgas Madago Diberikan Pendampingan Psikologi
Pendampingan psikologi untuk Satgas Madago agar bisa kelola stres saat tugas.(MI/Mitha Meinansi )

SEBANYAK 100 personel Satgas Madago Raya yang bertugas di Poso, Sulawesi Tengah, mendapatkan pendampingan psikologi dari Biro Psikologi SSDM Polri dan Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulawesi Tengah. Pendampingan itu untuk perawatan kesehatan mental personel satgas,

"Intinya ini adalah sebuah upaya psikologi untuk pengelolaan kondisi  kesehatan mental personel Polri yang sedang melakukan suatu tugas kepolisian," ujar Kepala tim Pendampingan Psikologi, Kabag Psipol Ropsi SSDM Polri, Kombes Pol Cucuk Trihono di Poso, Kamis (9/3). Turut mendampingi Kepala Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulteng Kompol Akhmad  Kunaefi Muarif.

Pendampingan itu, kata Cucuk, bertujuan memberikan perawatan terhadap kondisi kesehatan mental psikologis personel Satgas Madago Raya di wilayah operasi. Dalam program ini, sebanyak 15 personel Polri sebagai fasilitator dilibatkan. Mereka dari Biro Psikologi SSDM Polri 7 orang, personel Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulawesi Tengah 5 orang, dan personel SDM Polres Poso 3 orang.

Baca juga: Polri Berhasil Mengidentifikasi 21 Korban Tanah Longsor Natuna

Metode pendampingan yang digunakan yakni dukungan psikologi melalui sentuhan, pemberian perhatian, olah rasa, dan terapi psikologi  atau Support Psi. Terapi ini berdasarkan hasil pemetaan menangani sumber stres yang dapat berasal dari tekanan, baik dari organisasi, pekerjaan, individu, atau lingkungan. Melalui  pendampingan itu diharapkan anggota satgas mampu mengelola stres atau coping stres.

"Pengelolaan sumber stres melalui coping stres yang baik akan mewujudkan  kesehatan mental yang prima sehingga akan menghasilkan kerja yg hebat," tutur Cucuk.

Baca juga: Harga Cabai Rawit di Palu Diprediksi Naik Saat Ramadan

Kegiatan ini juga diharapkan bisa memelihara kondisi psikologi  personel selama masa operasi, sehingga tetap semangat sampai akhir penugasan. 

Tidak hanya psikologi saja, personel satgas juga diberikan keterampilan praktis dalam mengelola kompetensi psikologi, yang  didampingi Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimobda Sulawesi  Tengah, Kompol Robi Utomo. "Besar harapan kita rekan-rekan yang sudah melaksanakan tugas dengan sangat bagus ini, akan semakin bagus," tandas Cucuk Trihono.

Kegiatan ini pun disambut gembira para personel satgas. "Kami gembira, senang, hari ini menunjukkan kekompakan sesama rekan dari Polsek, Polres dan juga Brimob," aku Bharaka Dirwan, yang tergabung dalam tim Satgas 3 preventif Madago Raya Tahap 1 Tahun 2023. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat