visitaaponce.com

Turunkan Stunting, Pemkot Denpasar Bersama Poltekkes Gelar Pameran Gizi

Turunkan Stunting, Pemkot Denpasar Bersama Poltekkes Gelar Pameran Gizi
Pameran Gizi di Kota Denpasar, Bali(MI/Ruta Suryana)

MAHASISWA jurusan Gizi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Denpasar bersinergi dengan Pemerintah Kota Denpasar, menggelar Pameran Gizi di Banjar Saba, Kelurahan Penatih, Jumat (10/3). Pameran itu sebagai salah satu upaya menurunkan prevalensi stunting di Denpasar

Pameran Gizi yang mengambil tema "Gerakan Sehati Ciptakan Generasi Emas Bebas Stunting" digelar untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai menu seimbang dan mengaplikasikannya di keluarga masing-masing sehingga diperoleh status gizi yang optimal. A

dapun display yang dipamerkan meliputi menu seimbang untuk cegah anemia dan kekurangan energi kronis (KEK), menu seimbang ibu menyusui, menu seimbang balita, menu seimbang cegah anemia pada remaja putri dan menu sehat cerdaskan anak sekolah.

Baca juga : Keamanan Pangan Bisa Mengantisipasi Stunting

Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Anak Agung Ayu Agung Candrawati mengatakan, kejadian stunting di Bali khususnya di Kota Denpasar diharapkan dapat diturunkan yang saat ini 8,0% menjadi 6,15% sesuai target di 2024.  

Berdasarkan survei status gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, angka stunting di Bali merupakan angka terendah secara nasional sedangkan stunting di Kota Denpasar merupakan terendah di Bali yakni 5,5 persen tahun 2022, yang sebelumnya sempat 9 persen pada 2021 lalu.

Baca juga : Perbaikan Kondisi Tempat Tinggal Bisa Atasi Ketimpangan Kesehatan

Walaupun angkanya cukup rendah dan cenderung menurun, tetapi jumlah tersebut harus tetap ditekan agar Bali khususnya Denpasar dapat terbebas dari stunting.

"Untuk itu perlu upaya bersama baik dari pemerintah maupun stakeholder terkait untuk bersama-sama menangani kasus stunting ini," ujarnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat