visitaaponce.com

Harga Cabai Dan Bawang Merah Di Cimahi Terus Naik

PARA pedagang bahan pokok di pasar tradisional Kota Cimahi, Jawa Barat mengeluhkan harga cabai rawit dan bawang merah mahal jelang Ramadan. Harga cabai saat ini menembus Rp80 ribu per kilogram.

Pedagang di Pasar Atas Cimahi, Ani Indriani mengatakan harga cabai dan bawang merah masih tinggi sejak beberapa bulan yang lalu. "Naiknya sudah lama, sebelumnya cabai dijual sekitar Rp 60 ribu per kilogram sekarang jadi Rp 80 ribu per kilogram," ucap Ani, Selasa (14/3).

Ia juga mengeluhkan mahalnya harga bawang merah yang kini naik dari Rp25 ribu per kilogram menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Kenaikan harga tersebut diduga dipicu faktor cuaca yang tak menentu.

"Bawang merah juga udah lama naiknya, cuma naik terus, enggak turun turun. Sekarang malah naik terus jadi Rp35 ribu per kilogram," ujar Ani.

Dia mengatakan, tingginya harga cabai rawit merah dan bawang merah berdampak terhadap penjualan. Biasanya konsumen membeli sebanyak 1 kilogram, kini dikurangi jadi setengah kilogram. "Kemungkinan harga kebutuhan pokok termasuk cabai rawit merah dan bawang merah akan terus naik hingga bulan puasa mendatang," lanjut Ani.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian Pemkot Cimahi, Sri Wahyuni mengakui harga cabai rawit merah dan bawang merah mengalami kenaikan. "Memang ada kenaikan cabe dan bawang murah. Harga telur juga sekarang naik," kata Sri.

Menurut dia, selain karena faktor cuaca, kenaikan harga komoditas bahan pokok menjelang Ramadan sulit untuk dihindari. Meski begitu, pihaknya akan berupaya agar harganya tidak semakin melonjak.

"Kan biasanya kalau mau hari-hari besar itu harganya ada kenaikan. Mungkin karena permintaan masyarakat juga meningkat, sehingga harga juga ikut naik. Tapi kita pastikan kalau stok aman," ungkapnya.  (R-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat