visitaaponce.com

Tasik Baseuh Angkat Wisata Arung Jeram di Kota Tasikmalaya

Tasik Baseuh Angkat Wisata Arung Jeram di Kota Tasikmalaya
Sekda Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan melakukan survei lintasan arung jeram melalui Tasik Baseuh tahun 2023, Rabu (15/3/2023)(MI/Adi Kristiadi)

PEMERINTAH Kota Tasikmalaya, Jawa Barat akan menggelar kembali Tasik Baseuh di sepanjang aliran Sungai Ciwulan, Kelurahan Cibeuri, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya sebagai persiapan dalam mempromosikan festival wisata arung jeram. Pemerintah Kota Tasikmalaya sudah melakukan survei dengan menyusuri Sungai Ciwulan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengatakan, dalam rangka persiapan dan mempromosikan wisata arung jeram bernama Tasik Baseuh tahun 2023 dari berbagai unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan penggiat olahraga air melakukan survei menyusuri aliran Sungai. Namun, setelah dilakukan memang menikmati terutamanya lintasan air dan kegiatan survei ini nantinya akan dievaluasi.

"Kami melihat kondisi melalui survei dan nanti akan dievaluasi terutama yang masih kurang, supaya orang yang berkunjung ke Tasikmalaya dapat menikmati wisata arung jeram terutama dalam event Tasik Baseuh. Namun, kegiatan survei yang dilakukan pukul 10.00 WIB hingga sempat berhenti di tempat istirahat Kelurahan Leuwiliang dan kembali melanjutkan menuju garis akhir di Kelurahan Urug dengan jarak 14 kilometer sambil memungut sampah," katanya, Rabu (15/3/2023).

Ia mengatakan, aliran Sungai Ciwulan selama ini digunakan untuk kegiatan arung jeram dan juga menjadi destinasi wisata karena sungai ini pernah digunakan untuk kejuaraan nasional (kejurnas) arung jeram. Berdasarkan penilaian para penggiat olahraga arung jeram, Sungai Ciwulan layak untuk digunakan oleh kalangan profesiona dan pemula juga dapat mencoba arung jeram di aliran sungai tersebut.

"Aliran sungai Ciwulan ini relatif aman, jalur evakuasi sangat mudah karena seiring dengan jalur jalan dan saya juga sudah beberapa kali mencoba hingga kondisi sungai juga cukup menyenangkan. Akan tetapi, dengan kondisi air kecil cukup melelahkan hingga beberapa kali membentur bebatuan tapi jika air sungai sedang tidak akan memakan waktu lama," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tasikmalaya, Deddy Mulyana mengatakan, Tasik Baseuh tahun 2023 akan digelar dengan konsep berbeda dan rencananya dilakukannya Mei mendatang. Namun, penilaian kegiatan itu bukan hanya sekadar ketepatan, kecepatan waktu tetapi kreativitas para peserta terutama dalam kekompakan.

"Selain arung jeram, kami akan nilai kostum, kekompakan dan Tasik Baseuh nantinya ada yang berbeda dari biasanya yang penting para peserta supaya dibuat happy dan menikmati pemandangan. Kegiatan arung jeram berada di aliran Sungai Ciwulan ke depannya menjadi destinasi wisata unggulan, karena agenda ini merupakan agenda tahunan dan ini dilakukan yang ke 8 untuk edukasi konservasi sungai," paparnya. (N-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat