visitaaponce.com

Indeks Pembangunan Gender di Sikka Tahun 2022 Turun

Indeks Pembangunan Gender di Sikka Tahun 2022 Turun
Grafis skor Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Kabupaten Sikka tahun 2022(dok.BPS)

BADAN Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur mencatat skor Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Kabupaten Sikka tahun 2022 turun sebesar 88,81 persen dibandingkan dengan tahun 2021  sebesar 0,12 persen.

Kepala BPS Kabupaten Sikka Kristanto Setya Utomo menuturkan bahwa IPG merupakan indikator kesenjangan pembangunan yang dialami laki-laki dengan perempuan. Yang mana, semakin mendekati 100 maka kesenjangan semakin kecil (sama).

Lanjut dia, bahwa IPG ini sebenarnya digunakan untuk mengukur keberhasilan upaya pembangunan kualitas hidup dengan menjadikan penduduk laki-laki dan perempuan sebagai tolok ukurnya.

Untuk itu, ia sampaikan bahwa IPG tahun 2022 di  Kabupaten Sikka menunjukkan bahwa meskipun pengeluaran perkapita perempuan lebih kecil dari Laki-laki, namun angka harapan hidup perempuan justru lebih tinggi dibanding laki-laki

"IPG turun di Kabupaten Sikka pada tahun 2022 mencapai 88,81 persen dibandingkan pada tahun 2021 yang turun di angka 0,12 persen," papar dia, Jumat (17/3) di Sikka.

Dia juga menyampaikan ada beberapa indikator yang menjadi ukuran dalam menghitung IPG yakni angka harapan hidup, harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah dan pengeluaran perkapita.

"Jadi saya ingatkan lagi bahwa IPG 2022 Kabupaten Sikka menunjukkan bahwa meskipun pengeluaran perkapita perempuan lebih kecil dari laki-laki, namun angka harapan hidup perempuan justru lebih tinggi dibanding laki-laki," tandas dia. (N-3)

Baca Juga: Terjerat Kasus Narkoba, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya akan Tunjuk Pelaksana Harian Bappelitbangda

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat