visitaaponce.com

Terjerat Kasus Narkoba, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya akan Tunjuk Pelaksana Harian Bappelitbangda

Terjerat Kasus Narkoba, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya akan Tunjuk Pelaksana Harian Bappelitbangda
Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah.(MI/Kristiadi)

PENJABAT (Pj) Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah, akan menunjuk pelaksana harian (Plh) selama proses hukum Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Tasikmalaya berjalan. Diketahui Kepala Bappelitbangda berinisial AA positif memakai narkotika jenis sabu hasil tes urine.

"Saya baru tahu tadi malam dan saya sudah konfirmasi dengan Kepolisian karena selama ini sedang dalam proses hukum, penyelidikan tetapi kami juga tetap akan hormati hasilnya dan tidak menduga-duga atas kasus tersebut," katanya, Jumat (17/3).

Diketahui, AA saat ini masih diperiksa polisi dalam kasus penggunaan narkotika. Pihak Pemerintahan kota (Pemkot) masih berkoordinasi dengan Kepolisian tentang kasus yang nanti akan menjadi dasar pertimbangan sanksi bagi pejabat berstatus aparatus sipil negara (ASN)

Baca juga: Positif Narkoba, Kepala Bappelitbangda Tasikmalaya Ditahan

Cheka mengatakan akan menjatuhkan saksi kepada pejabat eselon 2 itu, sesuai dengan Peraturan Pemerintah tahun 1994 tentang disiplin pegawai negeri sipil (PNS). 

"Untuk sanksi pemakai narkoba kalau terbukti, kita lihat di peraturan kepegawaian. Nanti akan ada proses pendalaman, sanksi ringan, sedang dan berat. Akan tetapi, kami juga belum tahu masuknya kemana? Ini PP 94 tentang disiplin pegawai negeri sipil," ujarnya.

Baca juga: Menteri Hadi Bagikan Sertifikat Tanah untuk Dosen Unhas

Kalau AA terbukti, kata Cheka akan langsung menetapkan Pejabat Pelaksana Harian Bappelitbangda sambil menunggu pengganti yang definitif. "Kalau nanti ada terbukti kita akan menunjuk pelaksana harian supaya dinas tetap berjalan. Kami juga sedang jalani, kita akan coba cek terlebih dahulu, kalau ternyata nanti terbukti akan ada pergantian," ujarnya.

Cheka pun berpesan ASN lainnya menjauhi narkoba. Rencananya ia akan melakukan tes narkotika secara massal. "Kami meminta kepada 7.000 ASN untuk menjauhi narkoba dan tetap bekerja lah dengan baik dan kedepannya juga akan melakukan tes urine massal tapi untuk waktunya belum bisa ditetapkan karena masih koordinasi dengan berbagai pihak," paparnya.

Sebelumnya, Kepala Bappelitbangda Kota Tasikmalaya, berinisial AA diketahui positif menggunakan narkotika jenis sabu. Pemeriksaan terhadap eselon 2 di Kota Tasikmalaya tersebut, setelah pegawai harian lepas (PHL) di Bappelitbangda berinisial AL, 45, tertangkap tangan membawa 3 paket sabu. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat