visitaaponce.com

Sebelum Ramadan Jusuf Kalla Nyekar ke Makam Ortu dan Panutannya

Sebelum Ramadan Jusuf Kalla Nyekar ke Makam Ortu dan Panutannya
Wapres RI ke ke X dan XII, HM Jusuf Kalla ziarahi makam Jenderal M Jusuf, tokoh panutannya sebelum datangnya Ramadan, Minggu (19/3/2023)(MI/HO-Lina Herlina)

WAKIL Presiden Indonesia ke X dan XII,    HM Jusuf Kalla, seperti masyarakat Indonesia kebanyakan. Masih memegang tradisi nyekar sebelum memasuki Bulan Ramadan. Mendoakan keluarga yang sudah berpulang, dan merawat makam.

Seperti yang dilakukannya, sebelum bertolak kembali ke Jakarta, setelah beberapa hari berada di kampung halamannya di Sulawesi Selatan. Jusuf Kalla bersama istri Mufidah Kalla, nyekar ke makam kedua orang tuanya, Hadji Kalla dan Hj Athira, di Pemakaman Arab, Jalan Kandea, Makassar.

Setelah itu, dia juga nyekar di makam Jenderal M Jusuf, yang merupakan salah satu tokoh panutannya, di Pemakaman Panaikang Makassar, karena Rahimullah Jenderal M Jusuf enggan dimakamkan di taman makam pahlawan.

"Saya sangat dekat dengan beliau semasa masih hidup. Beliau sangat disiplin dan sangat baik hati, dan selalu tampil sederhana. Sayangnya hingga meninggal dia tetap menutup rahasia di balik Supersemar (Surat Perintah 11 Maret), yang membuat beralihnya pemerintahan Indonesia dari
Soekarno ke Soeharto," ucap Jusuf Kalla seusai nyekar, kemarin.

Semasa hidup, Jenderal M Jusuf pernah menjabat sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) sekaligus Menteri Pertahanan dan Keamanan (Menhankam) pada 1978 hingga 1983.

Bersama Jenderal M Jusuf, Kalla menginisiasi pembangunan masjid terbesar di Indonesia bagian timur dan menyematkan namanya di Masji tersebut, yaitu Masjid Al Markaz Al Islami Jenderal M Jusuf. Atau bahkan dikenal dengan nama Masjid dua Jusuf.

Jusuf Kalla pun berpesan, karena Ramadan itu penuh keberkahan, mari bersama-sama difokuskan untuk beribadah dan mencari ridha dari Allah Subhanawata'ala. (N-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat