visitaaponce.com

3 Fakta Menarik tentang Perayaan Nyepi di Bali

NYEPI di Bali pada Rabu, 22 Maret 2023 besok akan berlangsung selama 24 jam lamanya. Ada beragam hal menarik yang terjadi selama Nyepi berlangsung.

Berikut ini beberapa fakta menarik terkait perayaan Nyepi di Bali yang dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

1. Hemat 1 juta liter bahan bakar

Karena bepergian tidak diperbolehkan selama Nyepi, maka semua masyarakat Bali tidak menggunakan kendaraan dalam kurun waktu 24 jam. Selama jangka waktu tersebut diperkirakan ada satu juta liter bahan bakar yang berhasil dihemat.

2. Menginspirasi World Silent Day

Ternyata perayaan Nyepi di Bali menginspirasi kampanye World Silent Day. Aksi berdiam diri pada Hari Raya Nyepi membuat PBB menetapkan setiap 21 Maret sebagai World Silent Day.

3. Mengurangi global warming

Nyepi juga memberikan dampak positif pada lingkungan. Selama perayaan Nyepi di Bali, Pulau Dewata tercatat berhasil menghemat listrik hingga 60% dibandingkan hari-hari biasa.

Selain baik untuk keseimbangan lingkungan, ritual Nyepi juga membuat Bali jadi lokasi yang tepat bagi wisatawan untuk melakukan refleksi diri. Banyak hotel dan tempat wisata yang secara khusus menyiapkan paket Nyepi dan peminatnya cukup tinggi.

Demikian tiga fakta menarik mengenai Nyepi di Bali. Jadi tahu kan? (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat