visitaaponce.com

Puasa Pertama, Ratusan Rumah di Belawan Terendam Banjir Rob

Puasa Pertama, Ratusan Rumah di Belawan Terendam Banjir Rob
Warga yang menjual takjil.(MGN/Koko Hendrawan.)

FENOMENA alam atau disebut banjir rob, Kamis (23/3) sore, merendam ratusan rumah warga di awal puasa dalam kawasan pesisir Belawan, Sumatra Utara. Selain mengganggu aktivitas warga, banjir berdampak kepada pedagang takjil yang sepi pembeli.

Banjir rob atau naiknya air laut yang meluap ke daratan terus dirasakan warga dan merendam ratusan rumah penduduk, khususnya di pesisir Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Sumatra Utara. Banjir rob air laut yang naik ke daratan memiliki ketinggian bervariasi mulai dari 30 hingga 50 sentimeter.

Salah satu pedagang takjil, Yani, mengatakan air laut yang mulai naik pukul 16.00 WIB berdampak kepada mereka. Mereka mesti menghadapi sepi pembeli akibat banjir yang akan surut pada pukul 18.00.

Baca juga: Sepekan Banjir Genangi Dua Kelurahan di Jambi, Warga Mohon Bantuan

Salah satu warga Belawan, Ramadhan, mengatakan air laut yang naik dan merendam ratusan rumah warga di setiap Ramadan ini membuat aktivitas warga, mulai dari beribadah hingga berbuka, terganggu. Meski belum sempat mengungsi, banjir rob atau fenomena alam itu kerap terjadi dua kali dalam sebulan. 

Kali ini banjir sudah terjadi dalam tiga hari ini. Banjir biasanya naik pada pukul 16.00 dan surut pada pukul 18.00 dan kembali naik pada dini hari pukul 01.00 hingga 04.00. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat