visitaaponce.com

Ribuan Umat Katolik Flotim Ikut Ritual Jalan Salib

RIBUAN umat Katolik di Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT), mengikuti ritual jalan salib (Tablo) dalam rangka mempersiapkan hati menyambut perayaan kebangkitan Yesus Kristus, Paskah. 

Tablo yang diperankan oleh Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santu Yoseph Riangkemie itu menggunakan busana adat Baipito sebagai tanda kecintaan terhadap Keba Baipito Nara Ledun Lema.

Hal itu mau menggambarkan masyarakat Baipito yang beragama dan berbudaya dan mengajak para orang muda mengenal dan semakin mencintai budaya Baipito.  

Baca juga: Polres Flotim Siapkan 187 Personel untuk Amankan Tradisi Semana Santa

Pantauan di lapangan, Jumat (31/30, jalan salib dimulai dengan fragment Yesus berdoa di Taman Getsemani dan dihukum mati hingga memanggul salibnya ke bukit Kalvari, yang lokasinya di depan Pos Polisi Kecamatan Ile Mandiri.

Beberapa adegan seperti Yesus jatuh ketika memanggul salibnya dan Veronika mengusap wajah Yesus tampak membuat umat terenyuh dan ikut bersedih akibat siksaan para serdadu kepada Yesus.

Baca juga: Jelang Semana Santa dan Lebaran, Ruas Jalan di Kota Larantuka Diperbaiki

Prosesi Tablo berlangsung sekitar satu jam. Ribuan umat yang mengikuti prosesi jalan salib itu berkumpul di depan lapangan bola Lewohala untuk menyaksikan fragment Yesus mati di kayu salib. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat