visitaaponce.com

Frans Seda Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Pematung Bangun Patungnya di Sikka

Frans Seda Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Pematung Bangun Patungnya di Sikka
Pematung Dolorosa Sinaga bersama Wakil Rektor Universitas Nusa Nipa Jonas KGD Gobang(DOK/UNIVERSITAS NUSA NIPA)

PEMATUNG Indonesia, Dolorosa Sinaga direncanakan bakal datang ke  Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.  Pematung wanita yang karyanya banyak menampilkan keimanan dan solidaritas, itu, datang ke Sikka dalam rangka melakukan survei tempat pembuatan patung Frans Seda yang telah diusulkan menjadi pahlawan nasional.

Ketua Panitia Pengusul Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Franciscus Xaverius Seda, Phillip Gobang, Minggu (2/4), menginformasikan kedatangan Dolorosa Sinaga. Sang pematung akan bertolak ke Kota Maumere, Kabupaten Sikka dalam waktu dekat.

Menurut dia, Dolorosa Sinaga ke Sikka untuk melakukan survei, lokasi pembangunan patung Frans Seda. "Kami sudah koordinasi dengan bersangkutan. Dalam waktu dekat, dia ke Sikka."

Selain ke Sikka, Philips yang juga merupakan Staf Khusus Kementerian
Komunikasi dan Informatika itu mengatakan bahwa Dolorosa Sinaga juga akan memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Nusa Nipa tentang seni dan kebudayaan.

"Yang bersangkutan akan menjadi  narasumber untuk seminar nasional yang
bertemakan : Seni, Tata Ruang, Budaya dan Politik yang akan berlangsung di Auditorium Nawacita Universitas Nusa Nipa pada Mei 2023 yang akan datang bersama sejumlah narasumber," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Unipa, Jonas KGD Gobang mengaku sudah bertemu Dolorosa Sinaga di rumah budaya "Beranda Rakyat Garuda" di Jakarta Timur.

"Kampus Unipa terus mengembangkan kegiatan kebudayaan dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan kelompok budayawan, seniman dan praktisi. Dolorosa diundang dalam seminar sebagai seorang dosen senior seni pada Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan telah menghasilkan berbagai karya besar di bidang seni rupa terutama seni patung," tandasnya. (N-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat