visitaaponce.com

Abrasi Ancaman Serius di Tiku Agam

Abrasi Ancaman Serius di Tiku Agam
Pemecah ombak jenis tetrapod yang berfungsi sebagai unit pelindung gelombang untuk mengurangi erosi dan abrasi.(ANTARA/SYIFA YULINNAS)

MASYARAKAT di Jorong Masang, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Sumatra Barat mengeluhkan abrasi pantai yang kian parah dari tahun ke tahun.

"Kondisi alam di Tiku V Jorong, di kawasan pantai barat selalu abrasi dari tahun ke tahun, Masang yang terparah," kata salah satu tokoh masyarakat di Masang, Armoni, Selasa (4/4).

Mengingat ancaman abrasi yang tinggi terhadap pemukiman warga, pihaknya berharap adanya bantuan batu pemecah ombak. Menurut Armoni, jika tidak ada batu pemecah ombak, maka daerahnya lambat laun akan terus tergerus gelombang pantai.

Baca juga: Peduli Abrasi Laut, Peruri Serahkan Bantuan Pohon untuk Warga Karawang

"Sejak saya kecil hingga saat ini setidaknya sudah 15 km tepi  pantai yang tergerus akibat abrasi," ungkapnya.

Walinagari Tiku V Jorong Mardius mengatakan kondisi abrasi memang terus terjadi di Jorong Masang. "Secara historis, batas Jorong Masang ini sudah tiga kali dipindahkan karena abrasi yang terjadi," ujarnya.

Baca juga: Abrasi Sungai Kahayan, 4 Rumah Warga Palangka Raya Ambruk

Ditambahkan, Pemerintah Nagari Tiku V Jorong telah menyampaikan kondisi abrasi ke pihak-pihak terkait. Bahkan, telah menjadi perbincangan di Musrenbang Nagari.

"Kami dari Pemnag sudah menyampaikan ke pihak terkait dan selalu dimasukkan ke Musrenbang nagari," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat