visitaaponce.com

Angin Puting Beliung Rusak 10 Rumah di Musi Banyuasin

Angin Puting Beliung Rusak 10 Rumah di Musi Banyuasin
Pemerintah daerah di Kabupaten Musi Banyuasin meninjau lokasi 10 rumah yang terdampak bencana angin puting beliung.(Dok. MGN/Dwi A)

BENCANA angin puting beliung kembali terjadi di Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan. Kali ini, ada sebanyak 10 rumah di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bayung Lencir, Musi Banyuasin yang rusak berat dan rusak ringan akibat bencana tersebut.

Adapun rincian dampak dari bencana tersebut yakni lima rumah mengalami rusak berat dan lima rumah lainnya mengalami rusak ringan.

“Awalnya di wilayah ini terjadi hujan lebat disertai petir, kemudian terjadi angin puting beliung dan langsung merusak rumah warga,” kata Camat Bayung Lencir, M Imron, Jumat (7/4/3023).

Baca juga: Bencana Hidrometeorologi Masih Terjadi, BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem

Ia menjelaskan, pihaknya sudah melaporkan kejadian ini kepada Pemkab Muba. Dan mendata masyarakat yang terdampak bencana itu.

“Warga beruntungnya hanya mengalami kerugian material, untuk korban jiwa tidak ada,” kata dia.

Baca juga: Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Bandung Barat

Diakuinya, saat ini warga masih gotong royong memperbaiki rumah yang mengalami kerusakan. Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Muba Ardiansyah mengatakan, Pemkab Muba langsung bergerak cepat dengan menurunkan Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) bersama Tim BPBD Muba untuk membantu warga terdampak puting beliung di wilayah tersebut.

“Tim sudah membantu evakuasi korban, dan sebagai bentuk perhatian kita berikan 10 paket sembako untuk 10 KK yang terdampak puting beliung," kata Ardiansyah.

Kepala BPBD Muba Pathi Riduan mengatakan, angin puting beliung yang disertai dengan petir itu menerbangkan berbagai benda disekitarnya. Bahkan membuat sejumlah pohon berukuran besar tumbang dan menimpa rumah warga. Beruntung, dalam kejadian yang membuat warga mengalami kepanikan itu, tidak menimbulkan korban jiwa.

“Kami langsung berangkat kelokasi kejadian dan melakukan pemantauan dan memberikan paket bantuan kepada warga yang terdampak. Saat ini cuaca ekstrem, kita menhimbau masyarakat untuk lebih waspada dan hati-hati," pungkasnya.

(MGN/Z-9)


 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat