visitaaponce.com

Dekatkan Diri ke Nelayan, Aruna Gelar Sarasehan Serentak di Sejumlah Kota

Dekatkan Diri ke Nelayan, Aruna Gelar Sarasehan Serentak di Sejumlah Kota    
Sarasehan bersama nelayan yang digelar Aruna(Dok. Aruna)

USAHA rintisan (startup) di bidang perikanan, Aruna menggelar silaturahmi Nelayan Aruna (Sarasehan) bertajuk “Lebih Dekat di Bulan Penuh Berkah” yang dipusatkan di Pemalang, Jawa Tengah. 

Acara itu juga digelar serentak di beberapa kota lain di Indonesia, seperti Sedayu, Yogyakarta; Papaan, Kalimantan Selatan; Pelabuhan Ratu, Jawa Barat; Bau Bau, Sulawesi Tenggara, dan Paciran, Jawa Timur. 

Sarasehan sendiri merupakan sebuah program rutin yang diselenggarakan oleh Aruna untuk menjalin kedekatan dan menyampaikan informasi edukatif bagi Komunitas Nelayan Aruna. 

Baca juga : Kinovation Gelar 'Demo Day', Penutup Program Akselerator Startup Batch Pertama

Sarasehan diikuti lebih dari 200 Nelayan Aruna dan kelompok perempuan (Ibu Picker) Aruna, dikemas dengan agenda qosidah dan tausiyah, yang kemudian dilanjutkan dengan buka bersama. 

Meski tersebar di 6 kota, agenda Sarasehan ini serempak ditujukan untuk membantu Aruna dalam mencapai visi dan misi utamanya, yakni untuk mengantar Indonesia sebagai poros maritim dunia pada tahun 2045, dengan menjadikan laut sebagai sumber kehidupan yang lebih baik bagi banyak orang.

Baca juga : Jawab Kebutuhan Pasar, Startup Niagahoster Inisiasi Digital Marketing Funnel

Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna Utari Octavianty mengatakan, sarasehan merupakan salah satu dari sekian hal dilakukan untuk menjaga relasi dengan para Nelayan Aruna secara berkelanjutan. 

"Sarasehan bukan melulu tentang program-program edukatif untuk improvisasi self-capacity, tetapi Sarasehan juga tentang entertainment, bonding secara langsung dengan komunitas pesisir. Harapannya, Aruna bisa terus humanis dan genuine seperti ini, agar lebih banyak nelayan di Indonesia yang dapat Aruna sejahterakan," ujar Utari.

Selain untuk merayakan Ramadan bersama, acara Sarasehan pada April 2023juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Nelayan Nasional. Sarasehan sendiri merupakan wadah di mana Aruna dapat merangkul para Nelayan Aruna dan komunitas pesisir yang telah menjadi ujung tombak dari berkembangnya industri kelautan dan perikanan di Indonesia. 

"Sarasehan juga menjadi sarana untuk membangun kepercayaan para nelayan terhadap Aruna, terutama dalam menjalin kerja sama secara reguler dan berkelanjutan," pungkas Utari. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat