visitaaponce.com

Golo Mori Siap Sambut Delegasi KTT ASEAN 2023

Golo Mori Siap Sambut Delegasi KTT ASEAN 2023
Salah satu pemandangan yang terlihat dari Golo Mori, Nusa Tenggara Timur.(MI/JOHN LEWAR)

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyatakan siap menyambut delegasi KTT ASEAN 2023 yang akan berlangsung pada Mei besok di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Operation Director ITDC Troy Reza Warokka menyatakan pihaknya telah membangun kawasan MICE Golo Mori yang terletak di Desa Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Area yang dibangun sejak tahun lalu itu kemungkinan akan jadi salah satu venue untuk KTT ASEAN bulan depan.

"Walau belum dipastikan apakah akan ada kegiatan utama KTT ASEAN di Golo Mori, tapi kami sudah siap. Pembangunan sudah 100%," kata Troy dalam bincang-bincang bersama media beberapa hari lalu di Jakarta.

Baca juga: Jokowi Resmikan Jalan Akses Labuan Bajo-Golo Mori

Troy menjelaskan Golo Mori menjadi sebuah kawasan berstandar internasional yang cocok untuk menjamu berbagai pertemuan internasional. Di area dengan total luas 20 hektare itu, ada convention hall, VVIP lobby, VVIP lounge, media center, amphitheater, observation deck, beach club, dan dermaga kayu.

Lokasi site yang saat ini tengah dibangun oleh ITDC berhadapan langsung dengan Pulau Rinca yang termasuk ke dalam Taman Nasional Komodo yang merupakan situs warisan dunia UNESCO.

Pembangunan fasilitas MICE di Kawasan Golo Mori terdiri dari convention hall dengan kapasitas 400 pax, VVIP lobby 400 pax, VVIP Lounge 29 pax, VIP Room 12 pax, Media Center 50 pax dan Amphitheater 500 pax.

Baca juga: Suara Damai dari Sengketa Tanah Golo Mori

Ke depannya, kawasan ini akan dikembangkan menjadi kawasan pariwisata berkelanjutan terintegrasi, yang dilengkapi fasilitas hotel dan resort berbintang, fasilitas Meeting, Incentives, Conventions and Exhibitions (MICE) berkelas dunia, pusat penelitian dan wisata edukasi komodo, wisata petualangan (adventure tourism) pelabuhan wisata dan penyeberangan serta fasilitas penunjang wisata lainnya.

Dalam keterangan terpisah, Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan, “Pengembangan kawasan Golo Mori sebagai destinasi MICE magnet pariwisata baru di Indonesia Timur, guna mendukung peningkatan kunjungan wisata ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo yang terus bertumbuh."

"Dengan pengalaman pengembangan kawasan The Nusa Dua, yang sampai sekarang ini menjadi kawasan MICE terbaik di Indonesia, kami optimistis dapat membangun fasilitas-fasilitas di Golo Mori dengan kualitas berstandar internasional, sehingga dapat menjamu event-event kelas dunia,” kata Ari. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat