visitaaponce.com

Gerhana Matahari Total 20 April, Bosscha Lakukan Ekspedisi ke Pulau Kisar Maluku

Gerhana Matahari Total 20 April, Bosscha Lakukan Ekspedisi ke Pulau Kisar Maluku
Ilustrasi gerhana matahari total(MI/Arya Manggala)

TIM peneliti Observatorium Bosscha melakukan persiapan maksimal dalam menyambut gerhana matahari total (GMT) yang akan terjadi pada Selasa, 20 April 2023, besok.

Selain langsung melaksanakan ekspedisi pengamatan di Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, sebagian anggota tim juga akan pengamatan di kompleks Observatorium Bosscha di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Pulau Kisar dipilih sebagai lokasi pengamatan karena beberapa pertimbangan faktor geografis dan cuaca. Terlebih, lokasinya yang berada dekat dengan pusat gerhana di laut Timor, menjadikan waktu totalitas di Kisar lebih panjang dibandingkan daerah lain.

Baca juga : Jadwal Mengamati Fenomena Gerhana Matahari Hibrid

Peneliti Observatorium Bosscha, Agus Triono P Jatmiko mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah melaksanakan persiapan menyambut gerhana matahari total di antaranya menyebarkan seribu paket edukasi gerhana ke seluruh wilayah Indonesia.

"Selain itu kita adakan workshop serta cara mengamati gerhana yang aman itu seperti apa," kata Agus, Senin (17/4).

Baca juga : Mengenal Gerhana Matahari Hibrida, Ciri dan Proses Terjadinya

Khusus di Pulau Kisar, tim akan melaksanakan serangkaian aktivitas pendidikan untuk guru dan siswa. Lokasi pengamatan sendiri akan diselenggarakan di Lapangan Maka, Desa Wonreli dengan menyiapkan berbagai instrumen untuk digunakan bersama dengan masyarakat yang hadir.

"Tim beranggotakan 10 orang terdiri dari staf Observatorium Bosscha dan mahasiswa Program Studi Sarjana Astronomi ITB akan melaksanakan serangkaian aktivitas di sana," ungkapnya.

Hanya terlihat sebagian

Tidak hanya dari lokasi yang dilalui jalur totalitas, masyarakat di wilayah lain pun bisa menyaksikan fenomena gerhana matahari secara live streaming dari beberapa lokasi pengamatan lain dari para kolaborator di beberapa titik di Indonesia seperti Medan, Jambi, Lembang, dan Makassar.

Berbeda dengan di Pulau Kisar yang bisa mengamati hingga 100% gerhana matahari total, gerhana di wilayah Bandung dan Lembang khususnya hanya bisa diamati sebagian dengan tutupan piringan maksimum sebesar 42,5%.

"Pengamatan di Lembang dilaksanakan Kamis pagi mulai pukul 08.30-12.30 WIB oleh petugas dari Observatorium Bosscha bekerja sama dengan Program Studi Astronomi ITB," ujarnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat