visitaaponce.com

Polisi Tebar Ratusan Pos Mudik di Sumut

Polisi Tebar Ratusan Pos Mudik di Sumut
Anggota polisi dibantu pekerja menyelesaikan pembangunan pos pelayanan Operasi Ketupat Candi 2022.(ANTARA/OKY LUKMANSYAH)

POLDA Sumatra Utara (Sumut) mendirikan hampir 200 pos mudik di wilayah hukumnya Utara dalam rangka pengamanan dan pelayanan di masa mudik Lebaran 2023. Banyak dari pos tersebut yang dilengkapi dengan fasilitas servis.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan kebijakan pengamanan perayaan Idul Fitri merupakan bagian dari Operasi Ketupat Toba 2023. Salah satu langkah yang dilakukan adalah memberi pelayanan kelancaran arus mudik dan balik, dengan mendirikan pos.

"Kami telah menyiapkan 110 pos pengamanan, 60 pos pelayanan dan 27 pos terpadu," kata Hadi, Kamis (20/4). Secara umum, pos-pos tersebut diaktifkan di lokasi-lokasi yang dinilai strategis, terutama di jalur mudik. Namun fungsi dari setiap pos berbeda.

Baca juga: Jumlah Pemudik di Sumut Diprediksi Meningkat

Sesuai namanya, pos pengamanan didirikan untuk melayani pengaduan masyarakat yang mengalami tindak kejahatan. Sedangkan pos terpadu dapat memberi layanan lebih lengkap karena diisi juga oleh petugas dari institusi terkait lain.

Sementara pos pelayanan memberi layanan untuk keperluan bagi para pemudik, seperti kebutuhan untuk beristirahat. Bahkan pos ini dilengkapi dengan fasilitas perbaikan kendaraan, seperti bengkel.

Baca juga: Pemudik Padati Jalur Pantura di Cirebon

Kapolda Sumut Panca Putra Simanjuntak memastikan, secara umum kondisi jalan di wilayah hukumnya berada dalam keadaan baik. Khususnya ruas-ruas jalan yang menjadi jalur mudik dan balik. Namun demikian, dia meminta pengguna jalan untuk tetap berhati-hati karena masih ada jalan yang perlu diperbaiki. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat