visitaaponce.com

Gempa Mentawai tidak Ganggu Distribusi BBM di Sumbar

Gempa Mentawai tidak Ganggu Distribusi BBM di Sumbar
Truk Pertamina.(ANTARA/JOJON)

PERTAMINA Patra Niaga Sumbagut memastikan distrbusi BBM di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) berjalan normal setelah terjadinya gempa di Mentawai. Meski saat kejadian, operasional di IT Teluk Kabung sempat dihentikan sekitar satu jam. Begitu juga dengan distribusi LPG.

Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga Susanto August Satria mengatakan seluruh sarana fasilitas (Sarfas) penyimpanan dan penyaluran BBM serta LPG di Sumbar tetap beroperasi seperti biasa setelah gempa terjadi.

"Sarfas penyimpanan dan penyaluran tetap beroperasi seperti biasa setelah gempa," tegasnya, Rabu (26/4).

Baca juga: 

Kilang Pertamina Plaju Tingkatkan Kapasitas Produksi Jelang Lebaran

Arus Balik Lebaran, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

Gempa terjadi pada Selasa (25/4) pukul 03.00 WIB. Pusat gempa berjarak 177 kilometer barat laut Mentawai. Guncangan gempa dirasakan sekitar 30 detik di Padang. Guncangan yang kuat dan cukup lama membuat banyak warga panik dan berlarian ke luar rumah.

Menurut Susanto, guncangan juga terjadi di kawasan Integrated Terminal (IT) Teluk Kabung, Padang. Operasional IT Teluk Kabung pun sempat dihentikan selama sekitar satu jam. Setelahnya, dilakukan pemeriksaan terhadap kondisi sarfas IT Teluk Kabung dan hasilnya tidak terjadi kerusakan sehingga dapat dioperasikan kembali.

Baca juga:

Sumbar Uji Coba One Way di Jalur Padang-Bukittinggi

Jelang Lebaran, Stok Pangan di Padang Dipastikan Aman

Kondisi stok BBM di Mentawai menurut Susanto juga dalam keadaan aman. Terlebih, enam hari sebelum kejadian Pertamina sudah menambah stok Pertalite dan Solar ke wilayah itu untuk melayani peningkatan konsumsi BBM dalam rangka mudik Lebaran 2023.

Pertalite di wilayah itu ditambah hingga 48 kiloliter dan memberi ketahanan stok hingga 20 hari. Sementara Solar ditambah 8 kiloliter dan dapat memberi ketahanan stok lebih dari seminggu.

Selain sarfas milik Pertamina, Susanto juga memastiian sarfas lain milik mitra atau lembaga penyalur juga dalam kondisi baik. Seperti SPBU, Pertashop, SPBE, dan gudang agen. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat