visitaaponce.com

Bencana Hidrometeorologi Picu Banjir dan Longsor di Kepulauan Mentawai

Bencana Hidrometeorologi Picu Banjir dan Longsor di Kepulauan Mentawai
Pengendara melewati jalur berlumpur di Jalan Trans Mentawai, di Desa Madobag, Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai,(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

HUJAN lebat yang mengguyur wilayah Sipora Utara, Kepulauan Mentawai sejak malam hari mengakibatkan banjir dan longsor di beberapa lokasi. 

Puluhan rumah warga terendam banjir, bahkan satu unit rumah mengalami kerusakan parah akibat longsor.

Penjabat (Pj) Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak mengimbau masyarakat Mentawai, khususnya di wilayah Sipora Utara dan 9 kecamatan lainnya yang rawan banjir dan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan.

Baca juga : Topan Mematikan di California Menyebabkan Hujan Terus-Menerus dan Banjir yang Menghancurkan

"Bagi warga yang tinggal di lokasi rawan longsor, diimbau untuk mengungsi sementara sampai curah hujan kembali normal," ujar Fernando.

Warga yang tinggal di dekat aliran sungai juga diimbau untuk tetap waspada, karena muara sungai di wilayah Tuapeijat berhadapan dengan laut yang sedang pasang naik. Hal ini menyebabkan volume air akibat hujan deras tidak mengalir lancar ke laut dan berpotensi terjadinya banjir.

Berdasarkan hasil peninjauan bersama Forkopimda di lokasi daerah aliran sungai, tidak ditemukan penyumbatan yang berarti. Hanya saja, volume air yang cukup tinggi menyebabkan air meluap ke pemukiman warga dan jalan.

Terkait satu unit rumah yang mengalami longsor parah di SP2 milik seorang pegawai Inspektorat Mentawai, Pj Bupati menghimbau untuk melakukan relokasi sementara, termasuk rumah-rumah di sekitar area longsor.

"Rumah yang terkena longsor parah akan diberikan santunan sosial melalui BPBD Mentawai atau Dinas Sosial," terangnya. (YH/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat