visitaaponce.com

Presiden Jokowi Nyaris Keracunan, Pemkab Manggarai Barat Gelar Sidak Restoran Berformalin

Presiden Jokowi Nyaris Keracunan, Pemkab Manggarai Barat Gelar Sidak Restoran Berformalin
Pemkab Manggarai Barat menggelar sidak di sejumlah restoran yang berada di kawasan Labuan Bajo.(MGN / Marianus Marselus)

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat menggelar sidak di sejumlah restoran yang berada di kawasan Labuan Bajo. Sidak tersebut dilakukan pasca Presiden Jokowi nyaris memakan buah berfomalin

Selain itu, Inspeksi dilakukan juga untuk memastikan keamanan makanan yang akan disajikan kepada semua tamu yang hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN Summit pada bulan Mei mendatang.

Sidak dipimpin langsung oleh Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi dan Wakil Bupati, Yulianus Weng. Pemkab menggandeng tim Loka POM dan beberapa instansi teknis terkait.

Baca juga : Presiden Cek Kesiapan Puncak Waringin Labuan Bajo untuk KTT ASEAN

Tim Loka POM mengambil sampel beberapa jenis makanan pada empat restoran terkenal di Labuan Bajo, yakni Prima Rasa, Mai Cenggo, La Moringa, dan Kelan.

"Kita mau pastikan bahwa makanan yang ada di Manggarai Barat ini terutama restoran bebas dari makanan dan minuman yang mengandung formalin," tegas Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng, di Labuan Bajo, Rabu (26/4). 

Baca juga : Menlu Retno Tegaskan ASEAN Sangat Penting bagi Kawasan

Selain formalin, kata dia, parameter yang diuji yakni Sianida, Nitrit, Timbal, Arsen, Boraks, Rhodamin B, dan Metanil Yellow. Yulianus menyebut empat rumah makan tersebut menyajikan makanan yang aman untuk dikonsumsi atau terbebas dari kandungan zat berbahaya.

"Kita mau mencegah dan mau buktikan setelah peristiwa itu tidak ada lagi makanan yang ada di Mangggarai Barat ini mengandung formalin. Terutama di restoran yang ramai dikunjungi," ujarnya.

Kegiatan inspeksi makanan akan kembali dilanjutkan di sejumlah restoran lain di Labuan Bajo pada esok hari, Kamis. Wabup berharap dalam sidak di tempat lainnya tidak ditemukan ada kandungan zat kimia berbahaya dalam makanan.

"Semua resto akan dikunjungi di Labuan Bajo akan kita periksa. Supaya makanan yang disajikan selama pelaksanaan ASEAN Summit itu aman dari segi kesehatannya," jelasnya.

Pemerintah Manggarai Barat tidak segan-segan mengambil tindakan berupa teguran tegas dan menghentikan izin usaha tempat makan apabila ditemukan kasus yang serupa. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat