visitaaponce.com

Tarif KA Lokal Merak Naik Juni 2023

Tarif KA Lokal Merak Naik Juni 2023
Tarif Kereta Api (KA) lokal Merak bakal naik Juni 2023 adarui Rp3.000 menjadi Rp5.000(PT KAI)

TARIF Kereta Api (KA) lokal Merak bakal naik Juni 2023 mendatang. Kenaikan diklaim sebagai upaya pemerintah melakukan peningkatan berbagai fasilitas bagi pengguna kereta termasuk membangun infrastruktur perkeretaapian.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 240 Tahun 2022 tentang Tarif Angkutan Orang Dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi Untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik, maka akan terdapat penyesuaian tarif untuk KA Lokal Merak.

"Penyesuaian tarif ini akan berlaku mulai 1 Juni 2023, dengan besaran penyesuaian tarif untuk KA Lokal Merak dari sebelumnya Rp3.000 menjadi Rp5.000 terdapat penyesuaian tarif sebesar Rp2.000," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam konferensi pers hari ini di kantor KAI Commuter, Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (3/5).

Baca juga: Kenaikan Tarif KRL Jabodetabek Tengah Dipersiapkan

Ia menjelaskan pelayanan yang diupayakan ditingkatkan antara lain konektivitas transportasi lanjutan KA lokal dengan Commuterline dan kapal di Pelabuhan Merak yang mempermudah masyarakat berpindah dari sub urban ke urban dalam beraktivitas tidak hanya untuk bekerja, menuntut ilmu, berbelanja, ke tempat wisata namun juga membangun ekosistem pengguna transportasi yang lebih 'massive'.

Tidak hanya itu, KAI Commuter juga tengah menguji coba pembelian tiket secara elektronik guna memudahkan pengguna KA lokal Merak.

Baca juga: Pakar Nilai Wajar Tarif LRT Jabodebek Dipatok Rp10 Ribuan

KAI Commuter mengimbau bagi masyarakat yang akan berpergian menggunakan KA Lokal Merak agar mengecek kembali harga tiket secara berkala pada aplikasi KAI Access untuk perjalanan per 1 Juni 2023.

Sementara itu, pada masa angkutan lebaran 19 April hingga 2 Mei lalu, sebanyak 203.699 orang menggunakan KA Lokal Merak. Pada masa angkutan lebaran, demi kelancaran layanan, rute KA lokal Merak mengalami perpendekkan hanya melayani sampai Stasiun Cilegon.

"Lalu kami bekerja sama dengan pemda setempat untuk menyediakan bus lanjutan. Per hari ini, KA lokal Merak sudah melayani rute awal yakni Rangkasbitung-Merak," jelas Anne. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat