visitaaponce.com

Presiden Jokowi Cemberut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Palingkan Wajah

VIRALNYA kabar jalan-jalan rusak di Lampung membuat Presiden Joko Widodo atau Jokowi gregetan dan ingin mendatangi langsung.  Mobil mewah anti peluru S600 yang dipakai Jokowi bergerilya di antara lubang-lubang jalan rusak di Lampung.

Setelah merasakan sendiri sensasi jalan rusak Lampung, Presiden mengatakan akan mengambil alih perbaikan jalan di Provinsi Lampung melalui Kementerian PUPR. Hal itu ditegaskannya saat memberikan pernyataan pers, didampingi oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

"Saya kira provinsi tidak memiliki kemampuan (memperbaiki jalan), kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan akan diambil alih oleh Kementerian PU," ungkapnya Jokowi dalam kunjungannya ke Lampung, Jumat (5/5).

Baca juga : Akun Tiktok Bima Yudho Saputro Kena Banned! Usai Viralkan Jalan Rusak Lampung

"Kita (ke Lampung) selain melihat inflasi, lihat harga-harga tapi juga melihat infrastruktur utamanya jalan karena itu kunci. Biaya logistik itu sangat bergantung baik atau tidaknya infrastruktur yang kita miliki," sebut Jokowi, di dampingi oleh Menteri BUMN Eick Thohir dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Ia berharap infrastruktur yang baik dapat menurunkan harga, dan inflasi semakin turun.  

Baca juga : Presiden Jokowi Datang, Gubernur Lampung Kebut Perbaikan Jalanan

Saat Jokowi menegaskan soal pentingnya infrastruktur tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tampak membuang wajah ke arah kanan. Sementara di belakang Jokowi, terdengar riuh suara teriakan masyarakat Lampung.

Atraksi kuda lumping

Jokowi telah merasakan sendiri kebenaran viralnya jalan rusak di Lampung. Hal itu terlihat dalam foto yang menunjukkan wajah Jokowi yang cemberut.

Bagaimana tidak? Mobil sedan yang dinaiki Presiden Joko Widodo saat melintasi jalan tampak berkubang di Jalan Terusan Ryacudu, Kota Baru, Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, seperti kuda lumping yang sedang beratraksi.
 
Dalam video dari tim fotografer kepresidenan itu, tampak mobil sedan hitam berpelat merah 'Indonesia 1' yang ditumpangi oleh itu tampak melintas pada terjalnya jalan di Jalan Terusan Ryacudu itu. Jalanan dalam video itu tampak berlubang dan tidak beraspal, sehingga mobil sedan yang ditumpangi Jokowi itu berguncang saat melintasi jalan.
 
Kondisi jalan yang dilewati sebagian besar rusak parah karena banyaknya kubangan besar di bagian kiri dan kanan jalan.
 
Saat melintas, jendela mobil juga tidak tertutup sehingga terlihat Jokowi meninjau jalan rusak tersebut, sembari membagikan cenderamata kepada penduduk setempat. Ia didampingi oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.
 
Sejumlah titik yang rusak di jalan Terusan Ryacudu, yang dilewati Jokowi telah ditimbun dengan batu-batuan koral. Timbunan lubang batu coral itu terlihat berada di depan Kantor Polda Lampung dan Itera. Bahkan, telah terpasang banner imbauan berwarna kuning bertuliskan hati-hati jalan berlubang di sebelah kiri jalan, menurut pantauan Antara.

Bukan hanya itu, memasuki Kota Baru di Kecamatan Jati, Lampung Selatan, terdapat jalan yang terlihat bagus dengan rigid beton kurang lebih 500 meter dihitung dari perempatan lampu merah menuju pintu Tol Itera. Namun, jalan hingga menuju ke lokasi bangunan perkantoran yang terbengkalai di Kota Baru tampak rusak parah.

Jalan rusak bak atraksi kuda lumping ini juga dikeluhkan warga. Seorang warga net mengatakan, kerusakan di Jalan Penengahan, Kabupaten Lampung Tengah, amat mencemaskan. Sungguh kasihan jika ibu hamil melewati jalan tersebut, bisa-bisa melahirkan di tengah jalan.

"Coba deh liat jalan penengahan kaya kuda lumping, kalo orang lahiran brojol di tengah jalan itu, minimal cor lah kan suka mobil pasir lewat situ," cuitnya kepada Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dalam akun Intsagramnya.

Jalan rusak di Lampung viral setelah Tiktoker Bima Yudho Saputro, seorang pemuda asal Lampung menyampaikan konten alasan Lampung enggak maju-maju. Presiden Jokowi, kata menteri PUPR, ingin langsung mengecek jalan di Lampung itu. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat