visitaaponce.com

Mitos Mengenai Guci, Destinasi Wisata Populer di Tegal

Mitos Mengenai Guci, Destinasi Wisata Populer di Tegal
Objek wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah, sempat ditutup seusai banjir bandang, Februari 2023.(Antara)

DESA Guci yang terletak di kaki Gunung Slamet bagian utara, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, populer dengan objek wisata pemandian air panasnya.

Daerah ini juga dikenal dengan mitos-mitos yang berkaitan dengan kejadian supranatural.

Sebagai daerah wisata yang kaya akan sejarah dan budaya, Guci juga memiliki beberapa mitos dan cerita rakyat yang menjadi bagian dari kebudayaannya.

Baca juga : 5 Fakta Mengenai Objek Wisata Air Panas Guci di Tegal

Berikut beberapa mitos yang terkenal di Guci.

1. Legenda Waduk Gajah Mungkur

Konon, dahulu kala terdapat seorang putri cantik bernama Dewi Kandita yang tinggal di Gunung Slamet. Suatu ketika, putri ini jatuh cinta pada seorang pangeran dari kerajaan tetangga. Namun, cintanya ditolak oleh sang pangeran.

Putri ini kemudian memohon kepada Dewa Slamet agar dapat menyatukan dirinya dengan sang pangeran. Dewa Slamet mengabulkan permohonan putri ini dan menciptakan waduk bernama Gajah Mungkur yang dianggap sebagai tempat bertemunya kekasih yang berpisah.

Baca juga : Polres Tegal Dalami Bus Masuk Jurang terkait Ulah Anak Mainkan Rem

2. Mitos Wisata Air Panas Guci

Konon, air panas di Guci diyakini memiliki kekuatan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menghilangkan rasa sakit.

Selain itu, terdapat juga mitos yang mengatakan bahwa jika mandi di air panas Guci pada malam hari, maka akan mendapat kunjungan dari makhluk halus.

3. Mitos Curug Cipendok

Konon, curug ini dihuni oleh Jin yang menjaga keseimbangan alam sekitar. Menurut cerita, Jin tersebut dapat menampakkan diri sebagai kakek tua yang bertongkat atau gadis cantik yang menari-nari di sekitar air terjun.

Waspada

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kemendikbud-Ristek mendefinisikan mitos sebagai cerita suatu bangsa tentang dewa dan pahlawan zaman dahulu, mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa tersebut, mengandung arti mendalam yang diungkapkan dengan cara gaib.

Mitos juga diartikan sebagai cerita tentang dewa-dewa dan pahlawan pada masa lalu yang memiliki tafsir dan makna tentang kejadian asal usul manusia.

Yang namanya mitos tentu belum bisa dipastikan kebenarannya. Mengingat lokasi wisata Guci ini berada di dalam kawasan yang rawan kecelakaan maupun kejadian bencana alam, kewaspadaan maupun kehati-hatian pengunjung menjadi hal penting.

Oleh karena itu, wisatawan diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesucian area wisata, serta mematuhi adat dan aturan yang berlaku di sekitar lokasi wisata tersebut. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat