visitaaponce.com

5 Fakta Mengenai Objek Wisata Air Panas Guci di Tegal

5 Fakta Mengenai Objek Wisata Air Panas Guci di Tegal
Pengunjung mandi air panas di Wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.(Antara)

SATU korban tewas dan 35 penumpang mengalami luka ringan dan satu luka berat akibat kasus kecelakaan bus terjun ke jurang di kawasan Objek Wisata Guci, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (7/5) siang.

Kejadian tragis tersebut langsung viral dan mengundang keingintahuan masyarakat. Selain peristiwa kecelakaannya, masyarakat juga penasaran dengan asal nama Guci. Media Indonesia merangkumnya dalam penjelasan berikut ini.

1. Asal Nama Guci

Guci Tegal adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Nama "Guci" berasal dari kata dalam bahasa Jawa "Guci" yang artinya adalah wadah berbentuk bulat atau bundar yang terbuat dari keramik atau tanah liat yang digunakan untuk menyimpan air atau minuman.

Baca juga : Polisi Masih Selidiki Kecelakaan Bus di Tol Pemalang

2. Pusat kerajinan gerabah

Menurut sejarah, Guci Tegal telah dikenal sebagai pusat kerajinan gerabah sejak zaman Kerajaan Majapahit. Kerajinan gerabah di Guci terkenal karena keindahan dan keunikannya, dan masih diproduksi hingga saat ini.

3. Terkenal dengan wisata air panas

Selain itu, Guci juga terkenal dengan wisata air panasnya yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Objek wisata ini terletak di di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa. Air panas yang berada di bawah kaki Gunung Slamet ini bisa digunakan untuk berendam dan berenang.

Di samping pemandian air panas, Guci juga memiliki air terjun dan hutan yang menarik untuk dijelajahi. Tidak heran jika Guci sering menjadi tujuan wisata pada akhir pekan dan hari libur, terutama di musim liburan seperti Lebaran atau Natal.

Baca juga : Polres Tegal masih Evakuasi Bus yang Masuk Sungai di Objek Wisata Guci

4. Sudah ada sejak zaman kolonial Belanda

Menurut sejarah, Guci telah menjadi tempat wisata sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia. Ketika itu, tempat ini digunakan sebagai tempat peristirahatan dan pengobatan bagi para tentara Belanda yang lelah atau sakit.

5. Sering terjadi kecelakaan

Meskipun Guci dikenal sebagai tempat wisata yang indah, ada beberapa kecelakaan maut yang pernah terjadi di daerah ini.

Teranyar, kecelakaan bus bus penumpang yang mengangkut peziarah dari Musala Baitul Rahman, Perumahan Graha Raya, Serpong, Tangerang Selatan.

Bus terjun ke jurang di Jalur Objek Wisata Guci dan menewaskan 1 orang. Menurut salah seorang saksi, mobil bus tersebut meluncur tanpa kendali karena posisi parkir yang berada di jalan menurun. Sementara saat semua penumpang menaiki bus, sopir belum berada di balik kemudi. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat