visitaaponce.com

Tujuh Kepala Daerah Ini Komit Bangun Sinergi dan Kemitraan

Tujuh Kepala Daerah Ini Komit Bangun Sinergi dan Kemitraan
Anggota BPK Nyoman Adhi Suryadnyana, Mantan Gubernur Jatim Soekarwo dan Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam acara Pawitandirogo(Dok.Ist)

Tujuh kepala daerah yang berada di daerah Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun, dan Ponorogo (Pawitandirogo) berkomitmen bangun sinergi dan kemitraan untuk membangun daerahnya bersama dengan lima paguyuban warganya. 

Kelima Paguyuban Warga Jawa Timur tersebut adalah Pawargo (Ponorogo), Paguma (Madiun), IKMA (Magetan, PWN (Ngawi) dan PWP (Pacitan). 

Penyelenggaraan acara ini meneruskan budaya acara tahunan yang sudah diselenggarakan sejak awal tahun 2000 yang lalu, namun selama pandemi Covid-19 terhenti dan tidak pernah dilaksanakan. Dengan telah dicabutnya PPKM, apalagi setelah WHO juga mencabut status Kedaruratan Kesehatan, acara tahunan ini mulai diselenggarakan lagi, dan untuk tahun ini yang menjadi tuan rumah acara adalah Paguyuban Warga Ponorogo (PAWARGO).

Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso selaku Ketua Umum Pawargo  dalam sambutan pembukaannya menyampaikan terima kasih kepada para tokoh nasional dari wilayah Pawitandirogo yang hadir dan mendorong terselenggaranya acara ini temu warga dan halal bihalal yang rutin diselenggarakan tiap tahun sebelum pandemi covid melanda. 

“Kami bersama 7 Kepala Daerah sudah berkomitmen untuk membangun sinergi dan kemitraan, guna mendorong pembangunan dan perekonomian daerah di Jawa Timur,” tegas Susiwijono.

Pada kesempatan tersebut Soekarwo atau yang terkenal dengan sebutan Pak De Karwo (mantan Gubernur Jawa Timur) juga menyampaikan bahwa perekonomian Jawa Timur pasca pandemi tumbuh cukup bagus,  yakni mencapai   5,34% sedikit di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang 5,31%.  Namun demikian sebagian kabupaten di wilayah mataraman ini pertumbuhannya masih di bawah itu, sehingga diperlukan upaya bersama untuk menjalin sinergi antar daerah.  Juga disampaikan pada masa Bonus Demografi ini, menjadi kesempatan emas untuk memanfaatkan berlimpahnya sumber daya usia produktif di daerah.

Soekarwo menegaskan "Pawitandirogo ini  merupakan bentuk sinergi yang konkret antar Pemerintah Daerah dan dengan para warganya yang menjadi tokoh atau pejabat di Pusat, yang diharapkan akan mampu berkontribusi nyata kepada ekonomi daerah”. 

Sejalan dengan Soekarwo, Nyoman Adhi Suryadnyana (Anggota 1 BPK RI) juga menegaskan akan mendukung penuh semua upaya untuk mendorong kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Beberapa pejabat pusat yang berasal dari wilayah ini antara lain , Erani Yustika (Kaset Wapres), Anwar Sanusi (Sekjen Kemen Naker), Robben Rico (Plt. Sekjen Kemensos), Sugito (Dirjen PDP Kemendes), Marsda TNI Henri Alfiandi (Kepala Basarnas). Mereka terlihat hadir di acara tersebut.  

Pada akhir acara, Susiwijono menyampaikan kesepakatan dengan para Kepala Daerah, untuk menindak lanjuti hasil acara ini, akan segera diselenggarakan pertemuan lanjutan di Madiun untuk membahas lebih konkret berbagai upaya guna mendorong perekonomian daerah, khususnya di wilayah Pawitandirogo. (RO/E-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Raja Suhud

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat